Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Musrenbangdes Efektif Tingkatkan IPM

Musrenbangdes Efektif Tingkatkan IPM

(554 Views) Maret 6, 2016 12:09 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Bupati Kutai Timur Ismunandar mengatakan, Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bisa ditingkatkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Dalam Musrenbangdes tersebut,kebutuhan prioritas dasar bisa diajukan ke pemerintah untuk dilaksanakan.

Menurut Ismunanar, saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di kecamatan Bengalon belum lama ini, IPM mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar. Dimensi tersebut mencakup umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan yang layak. Untuk mengukur dimensi kesehatan, digunakan angka harapan hidup waktu lahir. Selanjutnya, mantan Sekkab Kutim ini mengatakan, untuk mengukur dimensi pengetahuan digunakan gabungan indikator angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah.

Adapun untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indikator kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak. Permintaan Ismu, sapaan akrab Ismunandar, untuk memaksimalkan Musrenbangdes adalah untuk menghapus persensi bahwa setiap tahun dilaksanakan Musrenbang, tetapi hasilnya tidak juga muncul-muncul. Dijelaskan, sekarang semua elemn sudah duduk bersama, ada wakil rakyat, ada satuan kerja perangkat daerah. Jadi usulan dari Musrenbang ini juga menjadi usulan wakil rakyat yang akan dibahas dalam Forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.
musrenbang bengalon1
Ismunandar meminta kepada jajaran SKPD dan wakil rakyat bisa mengawal program yang diusulkan warga sejak dini. Kebersamaan seperti itulah yang menurut Bupati perlu terus dipelihara agar terjalin komunikasi yang harmonis. Sehingga Pemkab Kutim bisa membangun dengan fokus dan tuntas.

Pada kesempatan tersebut, Ismunandar juga menekankan bahwa program anggaran Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar per desa bisa selaras dengan program nasional dalam meningkatkan akselerasi pembangunan secara adil dan merata. Untuk itu perlu pengawalan dan pengawasan rutin dan periodik agar dana tersebut tepat sasaran dan bermanfaat. Musrenbangcam Bengalon juga dihadiri oleh beberapa Anggota DPRD Kutim, Kepala SKPD dan seluruh Kepala Desa, tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh agama se-kecamatan Bengalon.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments