Menu Click to open Menus
Home » Infrastruktur » November, Sangkulirang Ditargetkan Mendapat Suplay Air Bersih

November, Sangkulirang Ditargetkan Mendapat Suplay Air Bersih

(201 Views) September 19, 2018 4:54 pm | Published by | No comment

Sangatta – Pemerataan penyediaan air bersih hingga keseluruh kecamatan di Kutai Timur akan segera terealisasi, dari delapan belas kecamatan, hanya menyisakan satu kecamatan yakni Sangkulirang yang belum menikmati air bersih, namun pada akhir November mendatang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua, menargetkan akan mensuplay air bersih di kecamatan tersebut.

Kepala Bagian Teknik PDAM Tirta Tuah Benua, Suparjan mengatakan, Sangkulirang akan  kecipratan air bersih pada akhir 2018, paling cepat pada Bulan November.  Tahap yang dikerjakan pada saat ini yakni pemasangan pipa dan booster

Sedangkan untuk sumber air, menurut Suparjan memang harus diambil dari luar kecamatan, karena di Sangkulirang sendiri tidak ada, Air tersebut diambil dari pegunungan Kecamatan Kaliorang.  Kemungkinan, Sangkulirang bisa mendapatkan dua ratus liter perdetik. Sedangkan Kaliorang sendiri hanya dijatah lima puluh liter perdetik, itupun, baru dimanfaatkan sepuluh liter perdetik. Untuk potensi pelanggan di Sangkulirang sendiri diperkirakan sekitar dua ribu pendaftar.

Untuk tahun pertama air bersih masih difokuskan dialirkan sampai ke SMAN Sangkulirang saja. Belum dialirkan ke rumah-rumah warga, dikarenakan terbatasnya anggaran untuk pemasangan pipa. Rencananya tahun selanjutnya, baru ada anggaran untuk pemasangan pipa ke rumah warga. Untuk sementara warga yang membutuhkan air bersih, bisa mengambilnya dengan menggunakan jerigen.

Karena jauhnya jarak sumber air, maka panjangnya pipa air baku, terhitung  dari sumber hingga menuju Sangkulirang mencapai enam puluh kilometer.

Voice : Khusnul Khotimah

 

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for November, Sangkulirang Ditargetkan Mendapat Suplay Air Bersih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.