Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Optimis 2015 TWP, Validasi Aset Kutim Sudah Capai 80 Persen

Optimis 2015 TWP, Validasi Aset Kutim Sudah Capai 80 Persen

(397 Views) Februari 12, 2016 9:06 am | Published by | No comment

Sangatta. Demi mengejar target Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan tahun anggaran (TA) 2015, Pemerintah Kutim melalui Bagian Perlengkapan dan Aset Daerah terus menggenjot proses validasi dan sensus aset daerah Kutim untuk tahun 2015.

Kepala Sub Bagian Aset Daerah Setkab Kutai Timur, Teddy Febrian mengatakan bahwa saat ini proses validasi dan sensus aset daerah Kutim saat ini sudah mencapai 80 persen. Hingga kini pihaknya sudah dalam tahap mensingkronkan data aset yang ada dengan bukti fisik yang ada terutama aset-aset yang ada di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kutim. Pihaknya juga terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan, sehingga pelaporan tidak hanya di atas meja saja atau menunggu laporan dari masing-masing SKPD.

Lanjut Teddy, dengan adanya sensus ini mudah-mudahan aset tahun 2014 dan 2015 yang termasuk baru masih sesuai peruntukannya dan masih bagus fisiknya karena masa pakainya masih sangat baru. Dirinya sangat yakin sebelum tanggal 31 Maret 2016 nanti, proses validasi ini sudah selesai 100 persen.

Sementara itu, dirinya mengatakan bahwa hingga akhir Desember tahun 2015 lalu terjadi peningkatan aset milik Pemkab Kutim, mencapai Rp 10 Triliun. Nilai ini meningkat pesat jika dibandingkan tahun 2014 lalu yang hanya antara Rp 8 Triliun hingga Rp 9 Triliun. Ini sudah termasuk aset bergerak maupun tidak bergerak. Selain itu, juga sudah termasuk aset milik 3 SKPD besar yakni Dinas PU, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kutim.

(voice)

Lebih jauh dikatakan Teddy, terkadang kendala validasi yang dihadapi saat ini adalah pendataan aset milik 3 SKPD besar tersebut. Selain aset yang tersebar di 18 Kecamatan di Kutim, juga terkadang terjadi kesalahan dalam input data aset terutama kesalahan dalam pengelompokan kode rekening sehingga terkadang terjadi kesalahan pengisian kolom dalam sensus. Sementara itu, terkait 18 unit mobil mantan anggota DPRD Kutim periode 2009 – 2014 yang sebelumnya belum ada dikembalikan, saat ini sudah 11 unit mobil dikembalikan ke bagian aset daerah Pemkab Kutim. Sementara sisanya akan terus dilakukan upaya penarikan dan jika tidak ada respon maka kemungkinan akan dilakukan penarikan paksa.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments