Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pangan Unsur Penting Kedaulatan Bangsa

Pangan Unsur Penting Kedaulatan Bangsa

(466 Views) Juni 8, 2015 9:09 am | Published by | No comment

SANGATTA – Upaya memperkuat ketersediaan pangan, kemandirian dan diversifikasi jenis serta bahan makanan perlu ditangani khusus. Sehubungan hal itu, Plt Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman baru- baru ini melantik pengurus Dewan Ketahanan Pangan (DKP) tingkat kecamatan. Setelah DKP Muara Bengkak, Muara Ancalong dan Batu Ampar, Ardiansyah kembali melantik DKP Kecamatan Kongbeng, Muara Wahau dan Telen.

Rencananya seluruh DKP kecamatan akan dikukuhkan secara bergantian. Saat melantik pengurus DKP Kecamatan Telen, Ardiansyah mengingatkan bahwa ketahanan pangan sangat penting bagi pembangunan suatu bangsa. Karena bidang pangan termasuk salah satu unsur ketahanan dan eksistensi kedaulatan bangsa. Menurut Ardiansyah, perubahan pola pikir (mindset) yang mengatakan bahwa ‘kalau belum makan nasi, berarti belum makan’, menjadi tugas yang berat. Ditambah lagi perspektif masyarakat yang keliru dengan mengatakan makan nasi sangat mempengaruhi status sosial masyarakat. Akibat pola pikir yang salah tersebut, bangsa Indonesia cenderung menjadi ketergantungan pada salah satu jenis pangan. Padahal negara ini merupakan negara pertanian yang memiliki sumber daya alam serta jenis pangan yang melimpah. Ardiansyah tidak menginginkan bangsa Indonesia yang terkenal sebagai negara agraris ini, justru menjadi negara importir pangan dari negara asing.

Dia mengaku merasa miris melihat kenyataan sampai saat ini pemerintah masih mengimpor beras, kedelai, bawang dan jagung, yang seharusnya bisa disupplai oleh bangsa sendiri. Dijelaskan Ardiansyah, paling tidak kita bisa memenuhi kebutuhan domestik kita. Untuk itulah peran DKP kecamatan sangat strategis dalam penyediaan dalam jumlah, kualitas dan keterjangkauan sumber pangan. Selanjutnya pembinaan dan pelatihan terus diupayakan baik untuk penyuluh pertanian maupun masyarakat agar mereka bisa memahami dengan baik.

Menurut Plt Bupati, ketahanan pangan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi seluruh elemen masyarakat. Untuk itu masyarakat di seluruh komponen bangsa harus bersinergi mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan. Caranya bisa melalui pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sumberdaya lokal yang beragam dengan teknologi tepat guna yang lebih mudah, murah dan ramah lingkungan. Bisa juga dilakukan sebagai upaya untuk diversifikasi pangan. Sebelum melantik DKP, Plt Bupati Kutim terlebih dahulu melakukan panen perdana kelapa sawit kemitraan plasma swadaya masyarakat kerjasama kelompok Tani Etam Sejahtera dengan PT Tapian Nadenggan. Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian pembangunan Rumah Layak Huni, Gedung TK Dharma Bakti desa Muara Pantun, SD 006 Telen, Gudang Pupuk Bumdes, Posyandu Karya Lestari serta penyerahan bantuan padi sawah, bibit karet, aren dan sarana pendidikan lainnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments