Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pansus Rekomendasi Pengesahan Raperda RPJMD Kutim Tahun 2016-2021

Pansus Rekomendasi Pengesahan Raperda RPJMD Kutim Tahun 2016-2021

(487 Views) Agustus 16, 2016 1:57 pm | Published by | No comment

Sangatta – Wakil Ketua Pansus Raperda RPJMD Kabupaten Kutai Timur, Uce Prasetyo pada sidang paripurna ke XXVI (Dua Puluh Enam) tentang Raperda RPJMD Kabupaten Kutai Timur 2016-2021 mengatakan saat ini berangkat dari kondisi dimana pembangunan di Kabupaten Kutai Timur, selama lima tahun kedepan akan berhadapan dengan sejumlah tantangan, tantang yang paling besar terutama datang dari kenyataan bahwa di Kabupaten Kutai Timur, pada tahun 2015 berdasarkan data yang ada, terdapat 27.763 jiwa penduduk miskin, artinya dari data tersebut adalah Kabupaten yang teringgi diantara Kabupaten yang ada di Kalimantan Timur penduduk miskinnya, menyadari kenyataan adalah penting untuk tindakan penanganan selanjutnya.

Tantangan lainnya adalah dari 133 desa, dan kurang lebih baru 3 persen desa yang berstatus mandiri, 97 persen lainnya masih berstatus berkembang dan tertinggal. Selain itu, rendahnya anggaran kesehatan belum memenuhi ketentuan yang diatur pada pasal 171 UU no 36 tahun 2009 tentang kesehatan bahwa alokasi kesehatan minimal 10 persen dari APBD Kutai Timur.

Persoalan lainnya yang sangat nyata kita ketahui bersama adalah infrastruktur yang belum memadai, indeks pembangunan manusia Kabupaten Kutai Timur, pada pada angka 70,82 pada tahun 2015, ini baru berada pada peringkat menengah diantara Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Persoalan-persoalan tersebut, sungguh dipersulit dengan kondisi perekonomian global dimana batu bara, minyak, sawit harganya anjlok, yang merupakan komoditas unggulan Kabupaten Kutai Timur mengalami penurunan yang sangat drastis otomatis jika harganya anjlok, perekonomian juga akan menurun.

Meski banyak persoalan, masalah, tantangan, yang akan dihadapi Pemerintah pada lima tahun kedepan, pihaknya yakin DPRD dan Masyarakat Kabupaten Kutai Timur memiliki ekspektasi yang tinggi, bahwa Visi dan Misi DPRD Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur yang dijabarkan dalam RPJMD dapat menuntaskan semua masalah  dan tantang tersebut.

Seagai bahan masukan dan meningkatkan kinerja pembangunan daerah Kabupaten Kutai Timur selanjutnya disampaikan beberapa hal, hendaknya Kabupaten Kutai Timur mengoptimlisasi dan penyerapan anggaran menjadikan APBD sebagai penggerak perekonomian daerah yang dirasakan oleh masyarakat, tentu tak lupa kita jangan terlena bahwa kita masih terlalu mengandalkan DAK dan PAD masih terlalu relatif sedikit dan ini menjadi PR tersendiri.

Kedua hendaknya Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menyusun perencangan pembangunan yang berbasis data dan informasi yang akurat sehingga perencanaan dan penganggaran dapat dilakukan dengan baik, efesien dan efektif.

Tiga, hendaknya Pemkab Kutim melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan dan mengoptimalkan sumber daya alam (SDA), Sumber Daya manusia (SDM) dengan meserasikan aktifitas manusia dengan sumberdaya yang mendukungnya.

Empat,  hendak Pemkab Kutim, melaksankan pembangunan yang sponsif, yaitu mengantisipasi berbagai potensi dan masalah yang terjadi di daerah .

Lima, hendaknya Pemkab Kutim dan DPRD Kutim meningkatkan koordinasi, komunikasi yang efektif dalam mengawal program pembangunan, untuk mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan wakil  Bupati Kutai Timurterpilih yang telah ditetapkan dengan visi pembangunan Kabupaten Kutai Timur 2016-2021 Kemandirian Kabupaten Kutai Timur melalui pembangunan agribisnis dan agroindustri.

Berdasarkan uraian diatas, pansus Rancangan Raperda Perda Kabupaten Kutai Timur, tentang RPJMD Kabupaten Kutai Timur tahun 2016-2021, merekomendasikan agar Raperda Kabupaten Kutai timur tentang RPJMD Kabupaten Kutai Timur tahun 2016-2021 disahkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Timur

Voice Uce Prasetyo

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments