Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

(742 Views) April 14, 2017 8:59 pm | Published by | 16 Comments

Dr. Muslimin, M.Si. : Potret potensi pariwisata di kutim

Sangatta- Dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai bagian dari pengembangan usaha ekonomi yang mandiri, maka pengembangan industri pariwisata beserta industri kreatifnya merupakan suatu keharusan di masa sekarang, pengembangan industri ini sangat dimungkinkan mengingat kutai timur sangat kaya akan potensi itu dengan banyaknya ragam pesona mulai dari alam, sejarah hingga budaya.

Semua daya pesona itu tentu tidak dapat memberi nilai tambah bila kemudian tidak diiringi dengan usaha menggungat usaha minat pasar untuk mengunjungi dan menikmati berbagai obyek wisata serta hasil industri kreatif yg ada. Diantara usaha untuk menarik minat pasar itu adalah adanya inisiatif dari industri pariwisata secara priodik dan berkelanjutan untuk mengadakan ” visit kutai timur years” yang merupakan tahun kunjungan wisata, atau dengan pameran kreativitas industri dan karya anak kutai timur dari berbagai kecamatan yang ada di kutai timur.

Membangun daya saing

Untuk membangun daya saing dalam pengembangan industri pariwisata harus memiliki pengembangan agar bagaimana obyek2 wisata yang ada terjamin keaman, kenyamanan dan terpelihara kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Tentu saja pelestarian lingkungan hidup pada obyek2 wisata termasuk menjaga hutan lindung menjadi hal yang penting demi kelestarian dan kelangsungan habitat yang ada didalamnya.

Membangun industri pariwisata bersama industri kreatif mesti memiliki paradigma baru sebagai unsur utama perekonomian daerah, apalagi jika kita ingin mengembangkan industri pariwisata sebagai alat dukung dalam meningkatkan martabat daerah dalam pergaulan kancah nasional dan global yang memiliki daya saing tinggi.

Ada beberapa langkah strategis yg dapat dijadikan pertimbangan dalam membangun paradigma baru tentang hal diatas, dalam hal ini jika industri pariwisata dapat dipandang sebagai penentu..
1. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka peran pariwisata dapat berupa : a) Terbukanya lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung , b) Berkurangnya kemiskinan dan pengangguran, c) Terciptanya keahlian khusus dibidang pariwisata, d) Meningkatnya pendapatan masyarakat. e) Meningkatnya pendapatan daerah.

2. Untuk terbentuknya kepribadian bangsa,peran pariwisata antara lain: a) Berkembangya kebudayaan daerah, b) Terpeliharanya khazanah sejarah dan budaya, sehingga masyarakat sadar akan perjuangan dan tanggung jawab

3. Untuk terbinanya industri kreatifitas masyarakat, maka peran pariwisata antara lain; a) Berkembangnya sanggar2 seni budaya     b) Bermunculannya pusat2 kerajinan tangan  c) Berkembangnya dapur2 kreatif yang membuat aneka jenis makanan khas daerah dan tradisional  d) Terciptanya suasana kondusif kaum muda yang kreatif.

Akhirnya tentu kita berharap dan mendorong pemerintah agar potensi2 pariwisata dan manfaat turunannya dapat terealisasi, dan tentu keberhasilan ini dapat terwujud jika pemerintah, swasta dan masyarakat bersatu padu dalam bekerja.

Sangatta,12.4.17
Penulis.Dr.Muslimin, M.Si
(Litbang kutim/dosen STIE sangatta)

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

16 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments