Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pasar Subuh, Untungkan Petani dan Pedagang dalam Bertransaksi

Pasar Subuh, Untungkan Petani dan Pedagang dalam Bertransaksi

(567 Views) April 1, 2015 8:13 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemerintah Kutim melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur kini menerapkan pasar subuh yang berlokasi di Pasar Induk Sangatta Utara, sejak akhir Maret tadi. Penerapan pasar subuh ini, diharapkan untuk memudahkan para petani sebagai tangan pertama langsung bisa menjual sayuran segar kepada pedagang, tanpa perantara. Demikian disampaikan Kadis Perindag Kutim Irawansyah.

Kepada media dirinya menjelaskan, pasar subuh yang dibuka mulai pukul 02.00 hingga 07.00 Wita ini, cukup mendapatkan apresiasi dan antusias oleh petani dan pedagang, khusunya pedagang sayuran. Karena selama ini, para pedagang sayuran harus membeli sayuran segar yang biasanya diecer kembali di pasar  melalui tangan tengkulak yang sudah membeli kepada pihak petani. Sehingga dengan adanya transaksi langsung ini, tawar menawar harga langsung terjadi antara petani dengan pedagang sayur. Tentunya hal ini jelas menguntungkan kedua belah pihak.

Lanjutnya, selain menungtungkan pada pihak petani, keberadaan pasar subuh ini juga untuk mengakomodir para pedangan yang sebelumnya berjualan di areal jalan umum yang ada di lokasi Pasar Sangatta Selatan, karena tidak tertampung di lapak pasar.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments