Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pastikan Diri Terdaftar Di KPU Agar Bisa Berikan Hak Suara, Sukseskan Pemilukada

Pastikan Diri Terdaftar Di KPU Agar Bisa Berikan Hak Suara, Sukseskan Pemilukada

(563 Views) Agustus 18, 2015 1:17 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Satu suara pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) Kutim 9 Desember mendatang, akan sangat menentukan pucuk pimpinan pemerintahan eksekutif lima tahun kedepan. Untuk itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman mewanti-wanti kepada semua lapisan masyarakat yang memiliki hak suara dapat memastikan diri dan terdaftar sebagai calon pemilih. Agar semua berjalan lancar, Bupati menginstruksikan kepada semua Camat, Kepala Desa dan seluruh Ketua RT (rukun tetangga, Red) bekerja ekstra mendata warganya secara benar serta akurat. Tujuannya untuk memastikan warga selaku pemilih benar-benar sudah tercatat daftar pemilih tetap (DPT) di KPU.

“Jangan sampai ada di antara mereka (warga) belum terdaftar sebagai calon pemilih. Padahal mereka sudah bisa menyalurkan hak politiknya, ikut mencoblos 9 Desember (2015), mendatang,” ujar Ardiansyah.

Bupati menjelaskan, Pemilukada serentak tahun ini, berbeda dengan mekanisme penetapan pemenang Pemilukada tahun sebelumnya. Penentuan pemenang Pemilukada berdasarkan suara terbanyak. walaupun selisih satu perolehan suara saja, maka bisa dipastikan yang menang adalah kandidat dengan suara terbanyak. Tidak lagi, seperti Pemilukada sebelumnya, yaitu ada persentasi dari jumlah perolehan suara pada kandidat. Apabila tidak terpenuhi persentasi berdasar amanah undang-undang, maka diadakan Pemilukada ulang atau putaran kedua. Dengan begitu, Pemilukada serentak tahun ini tidak lagi ada istilah putaran kedua melainkan hanya satu putaran saja.

“Agar hak politik masyarakat digunakan sebaik-baiknya, karyawan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kutim juga harus dipastikan sudah terdaftar sebagai calon pemilih,” tegas Bupati saat melaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Kaubun, Sangkulirang, dan Kecamatan Sandaran, 5-6 Agustus 2015 lalu. Perlu diketahui, ada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang sudah mendaftarkan diri ke Kantor KPU untuk meramaikan Pemilukada Kutim. Saat ini tinggal masyarakat saja yang harus menentukan pilihan dan menyalurkan hak pilihnya kepada salah satu pasangan Cabup dan Cawabup. Seperti disampaikan Bupati Kutim, satu suara akan sangat menentukan tampuk pimpinan berikut kebijakan pembangunan di daerah ini untuk masa lima tahun kedepan. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat mempelajari visi dan misi peserta Pemilukada Kutim dengan baik, sehingga dapat menetapkan pilihan kedalam kotak suara. Turut berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi dan tidak menjadi komunitas masyarakat golput (golongan putih).

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments