Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pelatihan Kewirausahaan Bagi Industri Kecil Dan Menengah (IKM) Kabuten Kutai Timur

Pelatihan Kewirausahaan Bagi Industri Kecil Dan Menengah (IKM) Kabuten Kutai Timur

(949 Views) April 1, 2015 6:50 am | Published by | No comment

RPDKUTIM.COM, Sangatta – Untuk menigkatkan daya saing produk-produk hasil olahan tangan dan dan olahan pangan dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Kutai Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kutim menggelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Industri (IKM) bekerjasama dengan Corner Kewirausahaan dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajamada (UGM) serta melibatkan Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Kutai Timur.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, yakni rabu 1-2 April 2015 kamis besok, bertempat di ruang Damar Gedung Serba Guna Lantai II Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi. Acara ini dihadiri Asisten Administrasi Edwar Azran, Wakil Ketua DEKRANASDA Kutai Timur Hj. Siti Robiah Ardiansyah Sulaiman, Sudianti selaku fasilitator (Narasumber) selaku Koordinator Lapangan Corner Kewirausahaan dan UMKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajama (UGM), perwakilan dari managemen perusahaan PT.KPC, perwakilan SKPD-SKPD Lingkungan pemerintahan Kabupaten Kutai Timur serta peserta dari UMKM yang ada di Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Sangkima, Kandolo dan Teluk Pandan.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Eri Mulyadi mewakili Kadisperindag Irawansyah, melaporkan bahwa dalam hal ini DISPERINDAG melakukan pembinaan bersifat tehnis terkait dengan IKM dan secara managerial. Adapun materi yang akan disampaikan oleh fasilitator secara garis besar yaitu bagaimana membangun jiwa kewirausahaan, seluk beluk kewirausahaan, managemen usaha kecil dan bagaiman pengembangan usaha.

Dijelaskan Eri metodologi kegiatan ini mulai dari penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab, praktikum atau simulasi serta presentasi hasil tugas yang akan diberikan. Peserta dalam kegiatan tersebut terdiri dari 30 peserta IKM yang ada di Kabupaten Kutai Timur dan mereka adalah pelaku-pelaku kerajinan tangan, pengolahan tangan dan usaha lainnya. Bagi peserta Pelatihan Kewirausahaan Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) ini pantia akan menyerahkan sertifikat dan pengganti bahan bakar motor (transportasi).

Selanjutnya wakil ketua DEKRANASDA Hj Siti Robiah menjelaskan bahwa Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Kutai Timur (DEKRANASDA) merupakan wadah atau tempat berhimpun bagi siapa saja yang mempunyai konsen atau yang mempunyai kepedulian terhadap peningkatan kerajinan yang ada di daerah. Adapun kegiatan dari DEKRANASDA sendiri untuk melindungi, melestarikan dan mengembangkan seni kerajinan yang ada di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Kutim sendiri, untuk potensi-potensi yang ada maka akan dilindungi, dilestarikan dan dikembangkan sehingga Kutim bisa dikenal dari hasil kerajinan-kerajinannya.(desi/rpd)

Voice

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments