Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemekaran Harus Sejahterakan Masyarakat

Pemekaran Harus Sejahterakan Masyarakat

(7155 Views) Januari 13, 2016 8:09 am | Published by | No comment

SANGATTA – Asisten Pemerintahan Syafruddin selaku Ketua Tim Fasilitasi Pemekaran Kabupaten Kutai Utara mengatakan hakikat pemekaran daerah otonom lebih ditekankan pada aspek pendekatan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat basis ekonomi rakyat.

Ass 1 bersama anggota DPD RI dan DPR RI serta KP Kutara“Oleh karena itu, pemekaran daerah merupakan cara atau pendekatan untuk mempercepat akselerasi pembangunan daerah dan daerah otonomi baru,” kata Sape, sapaan krab Syafruddin saat mendampingi Anggota Dewan Perwakilan Daerah Komite I dan DPR RI Komisi II yang melakukan kunjungan kerja ke 8 yang masuk dalam pengajuan Daerah Otonomi Baru Kutara, 6-7 Januari 2016.

Sape menegaskan bahwa Pemkab Kutim mendukung aspirasi masyarakat di 8 kecamatan pedalaman yang menginginkan pemekaran. Diakui olehnya, kebutuhan pembangan tidak berjaan dengan maksimal melihat kondisi wilayah Kutim yang begitu luas. Diharapkan dengan adanya DOB, rentang pelayanan semakin dekat dan bisa lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mantan Camat Sangatta dan Bengelon ini menjelaskan kepada masyarakat bahwa hasil kunjungan anggota DPD dan DPR RI ini akan dibahas bersama anggota lainnya di Jakarta, pada masa sidang selanjutnya. Kemudian akan dibentuk tim gabungan yang terdiri dari unsur DPD RI, DPR RI, Kementerian Dalam Negeri dan akademisi untuk melakukan verifikasi data dan informasi. Selanjutnya meninjau ke lapangan untuk mendengarkan langsung keinginan masyarakat di DOB tersebut.

Ass 1 Masyarakat Batu Ampar yg hadir mendengarkan kunjungan anggota DPD-DPR RIPara wakil rakyat yang didampingi antara lain H Muh Idris Anggota DPD RI komite I, DR Hetifah dan Agati Suli Mahyudin dari DPR RI komisi II. Dalam masa reses ini para senator dan legislator tersebut memiliki misi menghimpun berbagai informasi dari masyarakat di 8 kecamatan dimaksud. Informasi itu selanjutnya akan dibahas bersama DPD dan DPR RI.

“Sebelumnya, Komite Pemekaran Kutara akan melakukan audiensi dihadapan anggota DPD dan Komisi II DPR RI. Komite akan mempresentasikan semua potensi, data dan informasi terhadap usulan DOB tersebut,” ujarnya.

Delapan kecamatan bakal DOB tersebut meliputi ,kecamatan Muara Wahau,Kongbeng,Telen,Batu Ampar,Long Mesangat,Busang,Muara Ancalong dan Muara Bengkal. Sampai saat ini sudah ada 87 daerah yang diusulkan untuk menjadi DOB,ucapnya. Pemkab dan masyarakat pedalaman berharap Kutara menjadi daerah ke 88 yang masuk dalam usulan DOB dan pada akhirnya disetujui.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments