Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PEMENUHAN TENAGA KESEHATAN TERGANJAL DEVISIT

PEMENUHAN TENAGA KESEHATAN TERGANJAL DEVISIT

(445 Views) Agustus 24, 2016 5:27 am | Published by | No comment

Sangatta – Penambahan tenaga kesehatan di Kabupaten Kutai Timur terganjal devisit anggaran. Tenaga kesehatan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di dua puluh satu puskesmas dan Rumah Sakit Pratama Sangkulirang masih kurang. Kurangnya tenaga kesehatan tersebut meliputi tenaga Dokter Umum, Dokter Gigi, Apoteker, Asisten Apoteker, Analisa Kesehatan/LAB dan tenaga Gizi.

Dari Kebutuhan tenaga kesehatan di Puskesmas, tenaga Dokter Umum yang seharusnya sebanyak empat puluh dua orang sampai saat ini baru tersedia dua puluh empat orang sehingga masih dibutuhkan delapan belas orang, sedangkan Dokter Gigi hanya ada sebelas orang dari dua puluh dua orang yang dibutuhkan, dan untuk tenaga kesehatan lain seperti Lab, Kesmes, Gizi, Farmasi dan Admin masih dibuthkan sebanyak lima puluh dua orang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sedangkan untuk Rumah Sakit Pratama kebutuhan Dokter spesialis sebanyak empat orang yakni Dokter spesialis anak, spesialis kandungan, spesialis bedah dan spesialis penyakit dalam. Dokter umum sebanyak enam orang, Dokter gigi sebanyak dua orang, Bidan sebanyak tiga belas orang, Perawat lima belas orang, Tenaga penunjang kesehatan sebelas orang, tenaga penunjang non kesehatan dan admin sebanyak sepuluh orang.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur, Aisyah mengatakan, Pengumuman Rekrutmen tenaga kesehatan RS Pratama telah dilakukan, tetapi ditarik kembali seiring dengan kebijakan rasionalisasi APBD Murni, namun untuk dokumen yang masuk ke Dinas Kesehatan sudah banyak, namun kami tetap akan melakukan pemeriksaan dokumen terlebih dahulu.

Lebih lanjut Aisyah mengatakan, kebutuhan anggaran untuk tenaga kesehatan perbulannya sebesar lima ratus tujuh puluh tujuh juta enam ratus tujuh puluh lima ribu rupiah, anggaran tersebut dari anggaran tenaga kesehatan puskesmas sebesar dua ratus delapan puluh juta rupiah dan untuk tenaga kesehatan Rumah Sakit Pratama.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments