Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur Tindak Lanjut MOU Dengan PT.KPC Terkait Dengan Penyewaan Dua Unit Bus

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur Tindak Lanjut MOU Dengan PT.KPC Terkait Dengan Penyewaan Dua Unit Bus

(526 Views) April 14, 2016 9:05 am | Published by | No comment

Sangatta – Kepala Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Pemerintah Kabupaten Kutai Timur Muhammad Ismed Ade, mengatakan bahwa pihaknya sudah melaksanakan rapat tindak lanjut dari Memorandun Of Understanding (MOU) Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur dengan PT.KPC terkait dengan penyewaan dua unit Bus yang digunakan untuk mengangkut Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) pada hari Selasa (12/4) diruang Ulin Kantor Bupat.

Ismed Ade menjelaskan berdasarkan Peraturan Presiden (PP) nomor 50 tahun 2007 dan Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 22 tahun 2009 bahwa MOU harus ditindak lanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Dimana dalam PKS tersebut sudah tertuang hak dan kewajiban. Dikatakan Ade, kalau MOU hanya merupakan kesepakatan yang global, namun tidak mempunyai kekuatan hukum, tetapi PKS mempunyai kekuatan Hukum karena merupakan turunan dari MOU dan memuat tentang hak dan kewajiban.

Ade menuturkan apa yang telah dilaksanakan oleh Bupati sangat mulia, bukan hanya memikirkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) saja, namun juga memikirkan masyarakat dan anak-anak sekolah. Dalam rapat tersebut ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat  Peranjian Kerja Sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur dengan PT.Kaltim Prima Coal (KPC) tentang dua unit Bus di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur, hal ini berkaitan dengan aturan yang diatur dalam Tim Kejasama Koordinasi Daerah (TKKSD) yang membahas dengan subyek kerjasama, Tim ini sendiri di Ketaui oleh Plt.Sekretaris Daerah Yulianti.

Lebih lanjut, Ade mengatakan rapat tersebut membahas hal-hal yang bersifat teknis, seperti  jam dan rute-rute dari pihak Dishubkominfo, Baha Bakar Minyak (BBM) yang ditangani oleh Bagian Perlengkapan Umum dan Protokol, penyedia Bus oleh PT.KPC dan maintenance rutin, kewajiban-kewajiban pihak Pemerintah yaitu pengadaan BBM, dan perbaikan dalam keadaan rusak berat . Untuk pemanfaatan Bus sendiri dikatakan Ade, selian dimanfaat untuk antar-jemput tetapi juga bisa digunakan ketika ada kejadian-kejadian yang khusus, seperti banjir, musibah lainnya bisa digunakan. Selanjutnya bisa digunakan sebagai armada angkutan hari-hari besar seperti pelaksanaan MTQ, hari-hari besar apel gabungan di Kantor Bupati, selanjutnya Bupati juga mengintruksikan untuk mengakomodir keperluan anak-anak sekolah.

Voice (Ade_Kelanjutan MOU)

Muhammad Ismed Ade yang ada Bagian Otonomi Daerah yang membidangi menangani masalah kerjasama ini merasa terharu, dalam kurun waktu yang singkat ini Bupati dan Wakil Bupati sudah membuktikan, bahwa mereka membuktikan akan membantu masyarakat bukan hanya janji-janji tapi dibuktikan dengan langkah cepat. Walaupun diakuinya sekarang sudah hampir pertengahan anggaran, namun pihaknya akan menyesuai dengan kebijakan Bupati dan Wakil Bupati untuk mengatasi permasalahan-permasalahan anggaran yang nantinya tentu akan ada perjuangan atau pergeseran untuk mengantisipasi kebijakan yang memihak kepada masyarakat ini. Selanjutnya Perjanjian Kerjasama (PKS) tersbut sudah diserahkan kepihak PT.KPC untuk ditangani sehingga akan bisa dilaksanakan, dan untuk sementara ini dua unit Bus tersebut sedang masuk dibengkel karena ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, sehingga terjadi kekosongan beberapa waktu ini, namun Dia mengatakan dalam waktu dekat dua Bus akan bisa digunakan kembali.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments