Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemerintah Kabupaten Kutai, Melakukan Kerjasama (MOU) Dengan BRI Penerbitan Kartu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) Bagi Pengusaha Kecil Mikro

Pemerintah Kabupaten Kutai, Melakukan Kerjasama (MOU) Dengan BRI Penerbitan Kartu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) Bagi Pengusaha Kecil Mikro

(1299 Views) April 20, 2016 4:33 am | Published by | 4 Comments

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, melakukan kerjasama (MOU) dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sangatta Kutai Timur, untuk memberikan kemudahan bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Kutai Timur. Acara tersebut digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Timur pagi tadi (20/4) di Pasar Induk Sangatta.

Pimpinan Bank BRI Kutai Timur Wahid Gunadi, menerangkan bahwa kerjasama ini dilatarbelakangi kerjasama yang telah dilkasanakan Bank BRI tingkat pusat dengan Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Perindustrian dan Perdagangan, Kementrian Koperasi dan UKM. Kemudian kerjasama ini, diaplikasikan ditingkat Daerah terutama di Kabupaten Kutai Timur, untuk memberikan pelayanan penerbitan Kartu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yang sebelum dalam bentuk kertas namun saat ini diintegrasikan  dengan kartu ATM,  yang mana kartu ini dapat dipakai sebagai fasilitas tabungan simpedes.

Wahid Gunadi menambahkan, kabar baiknya tabungan Simpedes untuk para pengusaha yang memilki Kartu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) memiliki biaya administrasi yang lebih rendah, selain itu tabungan simpedes pengusahapun juga diikutkan dalam undian simpedes yang dilakukan Bank BRI satu tahun dua kali undian.

Lebih lanjut, Wahid Gunadi mengatakan implementasi dari penerbitan Kartu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) ini, bahwa Bank BRI sebagai pelayanan penerbit kartu, memberikan dukungan penuh permodalan bagi para pelaku usaha mikro kecil, karena memang salah satu syarat untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan kredit harus adanya izin usaha. Dengan adanya Kartu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) menjadi salah satu kemudahan yang diberikan kepada pengusaha mikro kecil untuk dapat menjangkau akses perbankan.

Sebagai bentuk komitmen Bank BRI, di Kutai Timur telah mempunyai 9 unit kerja, 1 kantor cabang, 1 kantor cabang pembantu, 7 unit dan 4 teras keliling yang semuanya fokus untuk menyalurkan kredit bagi pengusaha Mikro Kecil. Wahid Gunadi mengunkapkan Bank BRI Kutai Timur posisi sampai bulan maret 2016, sudah berhasil memberikan pembiayaan kepada nasabah mikro kecil sudah mencapai 5000 pengusuha diseluruh wilayah Kabupaten Kutai Timur dan outsanding (batas maksimal kewajiban yang diperkenankan untuk nasabah) yakni sudah mencapai 250 miliar khusus mikro kecil, diluar kredit menengah dan kredit konsumtif.

Voice (Pimpinan BRI Wahid Gunadi)

Dengan terjalinnya kerjasama ini, peluncuran Kartu IUMK sebagai bantuan untuk menggerakan pengusaha produktif dan pertumbuhan ekonomi di Kutai Timur, Gunadi berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik kedepannya. Karena arah dari keinginan Pemerintah Daerah untuk menumbuhkan kredit-kredit yang produktif dibandingkan dengan kredit yang konsumtif akan terus ditingkatkan  untuk menggerakan sektor ekonomi di Kabupaten Kutai Timur.

Semenatara itu, Bupati Kutai Timur  Ismunandar, mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Bank BRI yang telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam rangka memberikan pelayanan penerbitan Kartu IUMK bagi pengusah Mikro Kecil untuk memberikan kemudahan akses perbankan. Selanjut, Ismunandar berharap kerjasama seperti ini, agar bisa dilaksanakan di Pasar yang ada di Kecamatan-Kecamatan lainya seperti di Muara Wahau dan Pasar Sangkulirang

Voice (Bupati_Apresiasi BRI)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments