Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemerintah Kutim Pertahankan Keberadaan Dinas Perkebunan Sebagai Instansi Perangkat Daerah

Pemerintah Kutim Pertahankan Keberadaan Dinas Perkebunan Sebagai Instansi Perangkat Daerah

(556 Views) September 16, 2016 9:17 am | Published by | No comment

Sangatta. Bupati Kutai Timur Ismunandar, berharap Pemerintah Pusat dalam mengambil sebuah kebijakan yang nantinya akan diterapkan di seluruh daerah di Indonesia, benar-benar memahami kondisi dan kebutuhan di masing-masing daerah. Hal ini disampaikan Ismu, menyikapi kebijakan dari Peraturan Pemerintah (PP) 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Dikatakannya, dalam pemberlakuan PP 18/2016 tersebut, banyak hal yang seharusnya dikaji ulang oleh pemerintah pusat. Terutama terkait peleburan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Jangan sampai sebenarnya daerah sangat membutuhkan SKPD tersebut namun oleh pusat kemudian dilebur atau malah dihilangkan.

Dirinya mengambil contoh Dinas Perkebunan. Sebagai daerah yang memiliki potensi perkebunan yang besar, tentunya keberadaan Dinas Perkebunan sangat dibutuhkan oleh Kutai Timur. Padahal berdasarkan hasil verifikasi kelembagaan sesuai PP 18/2016, bahwa Dinas Perkebunan hanya memiliki penilaian sebanyak 165 point dan diklasifikasikan hanya setingkat bidang. Sehingga harus dilebur ke salah satu instansi yang mempunyai rumpun serupa. Namun karena kebutuhan daerah sehingga dirinya tetap mempertahankan keberadaan Dinas Perkebunan sebagai salah satu SKPD di Kutai Timur. Hal ini berbeda dengan Dinas Pertambangan yang kewenangannya di tarik ke Provinsi sehingga tidak dapat dipertahankan.

 (Voice : Bupati )

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments