Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemerintah Kutim Siap Kucurkan Rp 300 M Untuk Pembentukan DOB Kabupaten Kutai Utara

Pemerintah Kutim Siap Kucurkan Rp 300 M Untuk Pembentukan DOB Kabupaten Kutai Utara

(2995 Views) September 28, 2016 3:49 pm | Published by | 222 Comments

unduhan

Sangatta. Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kutai Utara (Kutara) terus melaju layaknya gerbong kereta api. Upaya pemantapan terus dilakukan agar pemerintah Pusat dapat segera merestui pembentukan daerah persiapan Kabupaten Kutara. Termasuk dengan mempercepat penyelesaian tapal batas beberapa kecamatan yang masuk dalam daerah persiapan Kutara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan kesanggupan Kutai Timur  (Kutim) sebagai kabupaten induk untuk memberikan pembiayaan selama Kabupaten Kutara menyandang sebagai daerah persiapan pemekaran.

Menurut Bupati Kutai Timur Ismunandar, jika memang pemerintah pusat mengharuskan Kutim untuk memberikan pembiayaan selama Kutara menjadi daerah persiapan, Kutim menyatakan kesanggupannya. Dana sebesar Rp 300 miliar yang akan digunakan untuk membiayai Kutara saat menjadi daerah persiapan otonomi tersebut akan diambilkan dari APBD Kutim, nantinya. Karena yang terpenting adalah Kabupaten Kutara bisa terbentuk terlebih dahulu. Hal itu sesuai janji politik dirinya saat mencalonkan sebagai Bupati Kutai Timur, untuk mendukung penuh terbentuknya Kabupaten Kutai Utara.

Dikatakan Ismu, dana sebesar Rp 300 miliar itu merupakan kewajiban Kutim sebagai kabupaten induk dari daerah otonomi baru Kabupaten Kutai Utara, yang harus dikucurkan sebagai pembiayaan persiapan selama 3 tahun, hingga Kutara menjadi Kabupaten yang berdiri sendiri.

(Voice : Bupati – Bantu DOB Kutara 300 M)

Lebih jauh Bupati Ismunandar mengatakan, saat ini pembentukan Kutara hanya tinggal menunggu keputusan dari pusat. Karena sesuai informasi resmi dari Komisi I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, menyatakan bahwa dari sekian banyaknya daerah yang mengajukan pembentukan daerah otonomi baru, pembentukan Kabupaten Kutai Utara memiliki persyaratan terlengkap. Walaupun termasuk yang diusulkan termuda. Sementara penyelesaian tapal batas dengan Kabupaten Kutai Kartanegara sudah mendekati kata sepakat, tinggal menyelesaikan kurang lebih 6 kilometer saja.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

222 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments