Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kuti Gelar Sosialisasi ACLS Bagi Para Dokter, Guna  Antisipasi Penyakit Jantung

Pemkab Kuti Gelar Sosialisasi ACLS Bagi Para Dokter, Guna  Antisipasi Penyakit Jantung

(404 Views) Mei 24, 2016 3:47 am | Published by | 1 Comment

IMG20160524083106Sangatta – Advanced Cardiovascular Life Support  (ACLS) merupakan serangkaian penanganan klinis untuk perawatan darurat serangan jantung, stroke, dan keadaan darurat medis lainnya serta pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penanganan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, melalui Bagian Pengembangan Masyarakat (Pemas) Sekretariat Kabupaten Kutai Timur pagi tadi, selasa (24/5/16) melaksanakan sosilisasi Advanced Cardiovascular Life Support (ACLS) bagi para dokter-dokter yang ada di Kabupaten Kutai Timur, Sosialisasi tersebut dibuka oleh Asisten II, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Kutai Timur Rupiansyah diruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi.

Kepala Bagian Pengembangan Masyarakat (Pemas) Kabupaten Kutai Timur, H.Mardiani mengatakan kegiatan tersebut untuk petama kalinya dilaksanakan bagi para dokter-dokter yang ada di Kabupaten Kutai Timur, sosilisasi dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan mulai tanggal 24-26 Mei 2016, selanjutnya gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2016.

Lebih lanjut, Mardiani menambahkan kegiatan tersebut dikemas Bagian Pengembangan Masyarakat (Pemas) Setkab Kabupaten Kutai Timur, bekerjasama dengan tim pelatih dari Surabaya, dengan tujuan memberikan pemahaman dan menambah ilmu yang sudah didapat para dokter, baik dokter-dokter di Rumah Sakit Umum Daerah Kudungga Sangatta maupun Rumah Swasta yang ada di Kabupaten Kutai Timur.

Lebih jauh, Mardiani berharap para dokter yang semakin profesional dibidangnya terutama dalam penangan masalah jantung, karena penyakit jantung merupakan penyakit yang cukup berbahaya bagi kita semua. Selanjut jumlah penderita jantung yang setiap tahunnya meningkat, dari sekarang dapat diantisipasi.

Voice Kabag Pemas_H.Mardiani

Senada dengan Mardani, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Kutai Timur Rupiansyah mengatakan pelatihan Advanced Cardiovascular Life Support (ACLS) tersebut, sangat diperlukan untuk para dokter dan tenaga medis. Dikatakan Rupiansyah kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka upaya melakukan pencegahan dini bagi orang-orang yang terkena serangan jantung. Selain itu, kegiatan  itu memberikan ketrampilan bagi para dokter dan tenaga medis lainnya, baik di Rumah Sakit, Puskesmas maupun di Puskesmas Pembantu, sehingga nanti mampu memberikan pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung.

Rupiansyah berharap, kegiatan kedepannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang terkena serangan  jantung. Sehingga rasio perbandingan anatara tenaga medis dengan pasien terjadi keseimbangan.

Voice Asisten II, Rupiansyah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments