Menu Click to open Menus
Home » Pertanian & Perkebunan » Pemantapan Produksi Pangan dan Komoditi Unggulan Jadi Tema konsultasi Publik RKPD dan FPD

Pemantapan Produksi Pangan dan Komoditi Unggulan Jadi Tema konsultasi Publik RKPD dan FPD

(131 Views) Maret 17, 2018 8:26 am | Published by | No comment

Sangatta – Pemantapan produksi pangan dan komoditi unggulan menjadi tema pelaksanaan Konsultasi Publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan forum Perangkat Daerah yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Gedung Serba Guna.

Dalam pemaparannya pada kegiatan Konsultasi Publik RKPD dan Forum Perangkat Daerah, Bupati Kutai Timur, Ismunandar menyampaikan, produksi tanaman pangan di Kutai Timur mengalami penurunan ditahun 2016 lalu dikarenakan cuaca, sedangkan pada tahun 2017, penurunan produksi dikarenakan kelangkaan dan tingginya harga benih padi yang disebabkan kemarau, hal tersebut menjadi perhatian dalam rangka mencapai swasembada pangan. Sedangkan untuk di sektor perkebunan masih didominasi kelapa sawit, pertumbuhan dan produksinya naik terus setiap tahunnya.

Pemantapan produksi pangan dan komoditi unggulan menjadi salah satu prioritas dikarenakan pemenuhan kebutuhan pangan Kutai Timur sampai saat ini masih harus memasok dari luar daerah, khususnya beras. Terkait masyarakat Kutai Timur yang mulai beralih dari bercocok tanam padi ke kelapa sawit, Ismu menyampaikan tidak semua lahan harus beralih fungsi, untuk lahan-lahan yang masih produktif dapat dimaksimalkan menjadi lahan pertanian untuk menuju Kutai Timur swasembada beras.

Voice : Khusnul Khotimah

Categorised in:

No comment for Pemantapan Produksi Pangan dan Komoditi Unggulan Jadi Tema konsultasi Publik RKPD dan FPD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.