Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Cairkan Rp 250 juta Tangani Kejadian Luar Biasa DBD

Pemkab Kutim Cairkan Rp 250 juta Tangani Kejadian Luar Biasa DBD

(474 Views) Maret 3, 2016 5:00 am | Published by | No comment

Sangatta.  Pemerintah Kutai Timur akhirnya menyetujui pengajuan anggaran penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kutai Timur, sesuai hasil penetapan KLB DBD oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim bersama 6 kota lainnya di Kaltim, (16/2) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur dr Aisyah didampingi Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) M Yusuf, mengatakan dengan penetapan Kutai Timur berstatus KLB DBD oleh Dinkes Provinsi Kaltim, pihaknya sudah bergerak cepat melakukan koordinasi dalam penanganan status KLB ini.

Lanjut Yusuf, Dinkes Kutim sudah menyusun pengajuan anggaran untuk keperluan pembelian kelengkapan tindakan. Seperti pembelian solar fogging, bensin fogging, bubuk larvasida dan dan insektisida dalam jumlah besar, dengan total anggaran sebesar Rp 580 juta. Semua bahan ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan fogging massal di dua kecamatan di Kutim yakni Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Sangatta Selatan yang memang saat ini menempati peringkat tertinggi dalam kasus DBD di Kutim. Selain itu, kegiatan ini juga akan dibarengi dengan pelaksanaan kerja bakti atau gotong royong masyarakat dan abatisasi massal di kedua kecamatan tersebut.

Lebih jauh dikatakan Yusuf, setelah menghadap langsung kepada Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang,  dari ajuan anggaran sebesar Rp 580 juta tersebut disetujui Rp 250 juta dan akan segera dicairkan. Menurut Wabup, anggaran ini dimaksudkan sebagai langkah awal penanganan KLB DBD di Kutim.

(voice : Dinkes Yusuf – Dana KLB DBD)

Untuk diketahui, sejak bulan Januari hingga akhir Pebruari 2016, di Kutai Timur sudah terjadi 488 kasus DBD dan 6 diantaranya meninggal dunia. Sementara itu dari hasil analisis kasus DBD yang dilakukan Dinkes Provinsi Kaltim, (16/2) lalu, Kabupaten Kutai Timur termasuk di antara 7 Kota di Kaltim yang ditetapkan berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD. Sementara tahun ini, Dinkes Kutim hanya memiliki alokasi anggaran penanganan DBD selama 1 tahun sebanyak Rp 500 juta.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments