Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Masih Beri Jatah Anggaran 3 SKPD yang Ditarik ke Provinsi

Pemkab Kutim Masih Beri Jatah Anggaran 3 SKPD yang Ditarik ke Provinsi

(446 Views) Mei 19, 2016 8:55 am | Published by | No comment

Sangatta. Walaupun kewenangannya sudah ditarik ke Provinsi akibat penerapan UU 23 tahun 2014, namun ternyata Bappeda Kutim masih memberikan jatah alokasi anggaran operasional bagi Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), Dinas  Kehutanan (Dishut) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutim.

Pemberian alokasi anggaran operasional kepada ketiga SKPD ini dikarenakan hingga kini Peraturan Presiden (PP) terkait mekanisme pelimpahan kewenangan itu belum lagi diterbitkan Pemerintah Pusat.  Sekretaris Bappeda Kutim Arjohansyah, mengatakan bahwa ketiga SKPD ini masih diberikan anggaran operasional, seperti gaji pegawai, Alat Tulis Kantor (ATK) dan keperluan dasar lainnya. Sehingga masih diakomodir oleh Pemkab Kutim dan tidak serta merta dilepas begitu saja.Lanjutnya, saat ini masih dilakukan pemilahan terkait beberapa SKPD yang ditarik kewenangannnya ke provinsi.

Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang ditarik kewenangan dalam pengelolaan SMA (Sekolah Menengah Atas) dan sederajatnya. Namun Disdikbud masih diberikan kewenangan untuk mengelola kebudayaan. Selain itu SD dan SMP juga masih dikelola Disdikbud Kutim. Begitu pala dengan SKPD lainnya yang juga ditarik kewenangan ke Provinsi, baik penuh atau sebagian.

(Voice : Bappeda Arjohansyah – Masih Beri jatah SKPD)

Lebih jauh dikatakan, walaupun sudah ditarik kewenangannnya ke provinsi, namun hingga saat ini SKPD tersebut masih menjadi kewenangan Pemkab Kutim sehingga masih diberikan kesempatan untuk menyampaikan draf rencana kerja. Sembari menunggu kemungkinan adanya perubahan regulasi kembali pada 1 januari 2017, mendatang.

Bahkan termasuk adanya rencana restrukturisasi organisasi di SKPD Kutim. Seperti akan ditambahkannya Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kutim, yang saat ini sedang digodok rancangan peraturan daerah (Raperda)-nya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments