Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Matangkan Rencana Pembangunan Museum Karst

Pemkab Kutim Matangkan Rencana Pembangunan Museum Karst

(463 Views) Juli 20, 2016 7:51 am | Published by | No comment

Sangatta. Upaya memperkenalkan pegunungan dan gua karst yang ada di Kutai Timur sepertinya tidak hanya diperlukan promosi ke luar negeri, namun dibutuhkan pula pengenalan  dan pemberian wawasan khususnya bagi masyarakat lokal. Untuk itu Pemerintah Kutai Timur jauh-jauh hari telah merencanakan pembuataan Museum Karst di Sangatta, yang nantinya selain menjadi sumber informasi akurat tentang sejarah dan potensi pegunungan dan gua karst yang ada di Kutim, juga sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Timur Iman Hidayat melalui Kepala Seksi  Kebudayaan dan Kepurbakalaan, Achmad Zais, mengatakan bahwa melihat pentingnya Museum sebagai sumber informasi tentang karst Kutim sekaligus mampu menjadi salah satu tujuan wisata di Kutai Timur, maka Disdikbud Kutim terus mengupayakan agar Museum ini bisa terbangun.

Saat ini ujar Zais, pembangunan Museun Karst Kutim memasuki tahapan perencanaan dan persiapan lahan, termasuk penganggaranya. Lokasi Museum sendiri rencananya akan dibangun dekat dengan Gedung Expo Kutim. Tetapi hal tersebut masih akan dimatangkan lagi dengan semua pihak termasuk Kadis Dikbud. Sementara desain Museum sendiri telah di rancang oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya. Namun dirinya belum bisa memastikan kapan pembangunan Museum ini bisa dikerjakan.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kutim Budi Amuranto, mengatakan bahwa wacana pembangunan Museum Karst di Kutim sudah mencuat sejak dirinya masih menduduki posisi Kepala Bidang Kebudayaan Disporapar Kutim. Bahkan Bupati Kutim terdahulu Isran Noor, telah menetapkan Surat Keputusan  membangunan Museum Karst yang rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 4 hektar yang terletak di belakang kampus STAIS Sangatta, Soekarno-Hatta. Namun sepengetahuannya lahan tersebut baru separuh bayar dan rencananya tahun ini akan dilakukan pelunasan Oleh Dinas Tata Ruang Kutim. Sementara pembangunan Museum Karst berlantai tiga tersebut, rencananya akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments