Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Segera Buat Regulasi Lindungi Satwa Langka Kutim

Pemkab Kutim Segera Buat Regulasi Lindungi Satwa Langka Kutim

(456 Views) Mei 4, 2016 2:39 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemkab Kutai Timur dipastikan akan membuatkan aturan terkait perlindungan satwa-satwa khususnya satwa langka seperti orang utan dan buaya yang merupakan hewan khas Kalimantan dan hidup di wilayah Kutai Timur. Hal ini disampaikan langsung Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang.

Menanggapi adanya temuan bangkai orang utan yang mengapung di perairan sungai Sangatta belum lama ini, Wabup Kasmidi mengatakan Pemerintah Kutim pasti akan segera membuatkan regulasi terkait perlindungan satwa-satwa khususnya satwa langka yang hidup di wilayah Kutai Timur. Terlebih, selain orang utan yang memang sudah menjadi satwa langka dan dilindungi undang-undang (UU), Kutai Timur juga memiliki potensi satwa langka lainnya yakni buaya supit (Tomistoma Scheillius) dan buaya siamensis (Siamese Crocodile), yang habitatnya hidup di perairan danau Long Mesangat dan Muara Ancalong. Bahkan, kedua buaya ini sangat langka di dunia dan diperkirakan hanya ada di Kutai Timur dan Thailand.

 

Lebih jauh dikatakan, regulasi nantinya apakah merupakan Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati (Perbup). Karena tidak hanya orang hutan dan buaya supit serta buaya siam yang akan dilindungi. Tetapi saat ini masih banyak satwa langka di Kutim yang terancam punah seperti biyuku, bekantan dan ikan belida. Namun tentunya regulasi yang dibuat akan menitikberatkan pada upaya perlindungan dan konservasi terhadap satwa langka dan dilindungi yang kini habitatnya terancam punah di Kutai Timur. Termasuk dengan upaya perlindungan ekosistem tempat hidup satwa-satwa langka tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments