Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemkab Kutim Serahkan Bantuan Sembako

Pemkab Kutim Serahkan Bantuan Sembako

(527 Views) Mei 26, 2015 2:29 am | Published by | No comment

SANGATTA – Sebanyak 300 jiwa dari 60 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal saat terjadinya peristiwa kebakarang yang menghanguskan 45 unit rumah di Jalan Ar-Rahman RT 5 dan RT 6 Desa Benua Baru Ilir Kecamatan Sangkulirang Minggu (24/5) dinihari.

Camat Sangkulirang Tajuddin saat dikonfirmasi mengenai musibah ini menuturkan, api diketahui sudah mulai berkobar pada Sabtu (23/5) pukul 23.30 wita dan terus melahap 45 rumah warga yang rata-rata terbuat dari kayu di kedua RT tersebut.

” Walaupun penyebab pasti peristiwa kebakaran ini masih ditangani oleh Mapolsek Sangkulirang, namun kuat dugaan penyebab kebakaran ini akibat konsleting arus pendek di salah satu rumah warga yang memang merupakan asal api. Kini para korban kebakaran untuk sementara diinapkan di Masjid Ar-Rahman Sangkulirang, ” jelas Tajuddin.

Lebih jauh Tajuddin mengatakan, pihaknya sudah membangun Posko bantuan untuk menerima bantuan berupa apapun dari warga dan simpatisan untuk meringankan beban korban kebakaran ini. Selain itu, pihaknya juga telah membuat dapur umum untuk melayani kebutuhan makan korban kebakaran setiap harinya.

Sementara bantuan terus berdatangan untuk para korban kebakaran di Desa Benua Baru Ilir, Kecamatan Sangkulirang. Terutama bantuan bahan pangan dan pakaian layak pakai.

Senin (25/5), Asisten Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Drs H Mugeni Msi yang mewakili Pemkab Kutim dan Ketua Tim penanggulangan bencana Kutim, datang langsung ke Sangkulirang, menemui para korban bencana kebakaran yang bermukim sementara di pekarangan Masjid Ar Rahman.

Mugeni menyerahkan bantuan bahan pangan, pakaian serta kebutuhan pokok anak-anak. “Kami datang, untuk menyampaikan bela sungkawa. Sekaligus menyerahkan bantuan untuk para korban bencana kebakaran. Jangan dilihat dari nilainya. Tapi niat kami yang tulus untuk meringankan beban bagi para korban kebakaran,” kata Mugeni.

Asisten lV bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kutim, Drs. H Mugeni, M.Si menyerahkan bantuan berupa paket sembako dan bantuan santunan sebesar Rp. 10 juta per KK sebagai peduli pemerintah.

” Kami dari pemerintah memberikan bantuan paket sembakao dan santunan senilai Rp. 10 juta per Keluarga, ini bentuk peduli pemerintah selalu memberikan bantuan ke masyarakat

Lebih jauh Asisten lV menghimbau semua masyarakat Kutai Timur khususnya masyarakat Sangkulirang agar berhati-hati konsleting.

” Kami menghimbau kepada masyarakat agar berwaspada, memperhatikan, terutama konsleting listik selalu di perhatikan terutama ibu rumah tangga, hal ini untuj  menghindari ha-hal yang tidak di inginkan, ” ujarnya.

Sebelumnya Baznas Kutai Timur Salurkan Paket Sembako Pada Korban Kebakaran Kecamatan Sangkulirang
Sebagai wujud kebersamaan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutai Timur langsung bergerak menyalurkan bantuan paket sembako dan perlengkapan makan dan selimut bagi korban kebakaran kecamatan Sangkulirang.

Menurut Ketua Baznas Kutai Timur H Idrus Yunus, Minggu (24/5) sore, pihaknya sudah menyalurkan paket sembako yang terdiri dari 25 karung beras, 4 dus mie instan serta 1 dus minyak goreng bagi 60 KK yang kehilangan tempat tinggal. Selain itu, juga diserahkan peralatan makan seperti  5 lusin piring dan 5 lusin gelas, serta 50 lembar selimut, 50 lembar sarung dengan total bantuan Rp10 juta. Bantuan ini langsung diserahkan kepada ketua Posko bantuan kebakaran Sangkulirang.

Idrus menilai, rasa solidaritas dan kekeluargaan warga Sangkulirang sangat tinggi. Hal ini terlihat saat pihaknya menyerahkan bantuan, sudah ada warga yang juga turut memberikan bantuan baik sembako dan pakaian. Namun dirinya tetap berharap adanya kepedulian dan uluran bantuan dari berbagai pihak, untuk meringankan beban korban kebakaran di Kecamatan Sangkulirang ini, terutama bantuan pihak perusahaan yang ada di sekitar Sangkulirang

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments