Menu Click to open Menus
Home » Acara » Pemkab Kutim Teken MOU Dengan Kejari, Penanganan Perdata Dan TUN, Bupati: OPD Manfaatkan Kerjasama Ini Dengan Baik

Pemkab Kutim Teken MOU Dengan Kejari, Penanganan Perdata Dan TUN, Bupati: OPD Manfaatkan Kerjasama Ini Dengan Baik

(112 Views) Maret 13, 2019 1:55 pm | Published by | No comment

Sangatta – Pemerintah kabupaten Kutai Timur bersama 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kutai Timur melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan Kejaksaan Negeri Kutai Timur, tentang penanganan masalah hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN). Bupati Ismunandar dalam Sambutannya mengatakan, Kejaksaan adalah pengacara Negara yang fokus pada persoalan perdata dan TUN. Tata usaha Negara berkaitan dengan Surat Keputusan (SK)Peraturan Daerah (perda) dan kebijakan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah. Dikatakan Ismu, untuk perdata biasanya paling banyak ditemui pada persoalan tanah. oleh karena itu, apabila terjadi permasalahan, sebelum bertindak, sebaiknya meminta legal opinion atau pendapat hukum terlebih dahulu kepada Kejaksaan, agar tidak salah dalam bertindak. selanjutnya disampaikan Ismu, dengan telah ditandatanganinya MOU tersebut, Dia Berpesan Kepada 10 OPD terkait ini agar dapat memanfaatkan kerjasama dengan Kejari tersebut.

Senada, Kajari Mulyadi mengatakan, penandatanganan kerjasama ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi Kejaksaan Negeri Kutim seperti yang diatur   dalam undang- undang nomor 16 2004 tentang Kejaksaan pada pasal 30 ayat 2, bahwa jaksa sebagai pengacara Negara yaitu Kejaksaan, atas surat kuasa khusus,  bisa mewakili pemerintah pada bidang perdata dan TUN. Wujudnya ada tiga   bisa berupa penegakan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya.

Adapun 10 OPD  yang melakukan kerja sama tersebut sebagai berikut: Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemas Pemdes), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfo Perstik), Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Sosial dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal Daerah (DPTSP PMD).

Voice : Mulyadi ( Kajari )

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Pemkab Kutim Teken MOU Dengan Kejari, Penanganan Perdata Dan TUN, Bupati: OPD Manfaatkan Kerjasama Ini Dengan Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.