Menu Click to open Menus
Home » Acara » Pemkab Kutim Wisuda 30 UKM Tangguh

Pemkab Kutim Wisuda 30 UKM Tangguh

(99 Views) Februari 8, 2019 10:14 pm | Published by | No comment

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Koperasi dan UKM, bekerja sama dengan PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dan Komunitas Tangan Di Atas (TDA) menggelar inagurasi, bagi tiga puluh pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) tangguh, yang berasal dari empat kecamatan.

Bertempat di ruang meranti Kantor Bupati Kutai Timur, Rabu, 6 Februari, kegiatan tersebut mengusung tema Local go Global. Para peserta yang dikukuhkan, telah menjalani kegiatan UKM Tangguh, yang berlangsung sejak bulan Agustus hingga Desember tahun lalu, meliputi lima sesi kelas dan satu kali kunjungan lapangan.

Empat kecamatan yang mengikuti diantaranya, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung serta Kecamatan Bengalon. Keempat kecamatan tersebut mendapatkan perhatian dan dukungan dari pihak Perbankan, yakni Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kutai Timur dan Bankaltimtara, yang memberikan Program Pinjaman (KUR) untuk lima Orang peserta UKM Tangguh, dan dua Orang Pendamping TDA, serta mendapatkan dukungan dari CSR PT. KPC, sehingga peserta tidak dibebankan bunga bank.

Dalam sambutan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Kutim, Husaini mengatakan, bahwa program tersebut sesuai dengan visi dari Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur, yaitu Fokus dan Tuntas. Ia juga menyampaikan bahwa jumlah UKM diakhir tahun 2016, berjumlah empat ribu lima ratus lima puluh empat orang, dan program UKM tangguh tersebut yang menjadi perwujudan dari Fokus dan Tuntas.

Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang yang menutup kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya. Ia mengatakan, bangga terhadap pelaku UKM Tangguh, yang sebagian besar berusia muda.

Ia menambahkan, saat ini Kutai Timur menjadi wilayah peluang usaha yang strategis, dilihat dari jumlah penduduknya yang meningkat, serta jalur TOL laut yang sudah ada. Ia berpesan kegiatan tersebut harus dilanjutkan secara terus menerus setiap tahunnya, dan berharap PT. KPC bersama Komunitas TDA, tetap dapat menjadi mitra pendamping bagi UKM yang ada di wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Reporter RPD Kutim Erwin F Syuhada

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Pemkab Kutim Wisuda 30 UKM Tangguh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.