Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Penanganan Terpadu Data Kependudukan, NIK Dan KTP-EL Disdukcapil Gandeng 12 OPD

Penanganan Terpadu Data Kependudukan, NIK Dan KTP-EL Disdukcapil Gandeng 12 OPD

(102 Views) Desember 5, 2018 6:39 pm | Published by | No comment

Sangatta – Demi memberikan pelayanan pemanfaatan Data Kependudukan, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk Electronik (KTP-EL), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten  Kutai Timur, melakukan kerjasama dengan dua belas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam layanan lingkup tugas, di ruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur, Rabu, 5 Desember.

Keduabelas OPD tersebut yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Perkebunan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan , Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah, serta RSUD Kudungga.

Dalam aturan kerjasama, masing-masing pihak diberi kewajiban yang berbeda, misalnya seperti RSUD Kudungga yang berkewajiban untuk memberikan hak akses secara terbatas data pasien seperi NIK, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat Tanggal Lahir dan lainnya.

Demikian juga data anak yang dilahirkan di RSUD Kudungga, jadi setiap pasien yang melahirkan dan sudah memiliki nama bayinya, maka data akan disetor ke pihak RSUD, dan RSUD yang akan melaporkan ke Disdukcapil, nantinya saat pasein keluar rumah sakit, dokumen untuk anak tersebut sudah selesai dan bisa langsung dibawa pasien.

Ditemui usai pelaksanaan penandatangan kerjasama tersebut, Kepala Disdukcapil Kutai Timur, Januar Harlian mengatakan, maksudnya dari kerjasama antar OPD, akan memudahkan pelayanan mengenai pemanfaatan data kependudukan antar lingkup tugas, sehingga masyarakat tidak perlu bolak balik dalam pengurusan, terlebih mereka yang berada di luar kota Sangatta.

Seperti di RSUD Kudungga, Januar mengatakan, jika orang tua sudah memiliki persiapan nama untuk anak yang baru dilahirkan, dan data tersebut dilaporkan, maka jika kelahiran dipagi hari, sore harinya anak sudah memiliki dokumen, tidak hanya satu namun ada empat dokumen lainnya, yakni Akte Kelahiran, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga baru Orang Tua, serta Kartu Identitas Anak.

Disaksikan Bupati Kutai Timur, Ismunandar, kesepakatan kerjasama tersebut akan berlangsung selama tiga tahun hingga Desember 2021 mendatang.

Ismu mengatakan, data kependudukan penting, karena yang tercatat saat ini penduduk Kutai Timur hanya  sebanyak empat ratus Sembilan belas ribu, padahal jumlah sebenarnya pasti jauh dari angka tersebut, namun tidak tercatat dan tidak memilki KTP-EL. Padahal dokumen tersebut penting terkait kepemilikian BPJS Kesehatan. Sehingga jika ada masyarakat yang sakit dan tidak memiliki BPJS Kesehatan, maka Pemerintah yang kerap disalahkan, dengan alasan tidak membantu pembayaran pengobatan masyarakat tidak mampu, padahal masyarakatnya sendiri yang tidak terdata.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Penanganan Terpadu Data Kependudukan, NIK Dan KTP-EL Disdukcapil Gandeng 12 OPD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.