Menu Click to open Menus
Home » Pendidikan » Pendaftaran Siswa Baru Dimulai, SMPN I Sangatta Utara Terima ABK

Pendaftaran Siswa Baru Dimulai, SMPN I Sangatta Utara Terima ABK

(507 Views) Juli 2, 2018 4:21 pm | Published by | No comment

 Kepala Sekolah SMP Negeri I Sangatta Utara, Sukartini (Foto:KhusnulKhotimah)

Sangatta –  Tidak hanya dapat bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB), Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga dapat melanjutkan pendidikan di SMP Negeri I Sangatta Utara. Berbeda dengan pendafataran siswa biasa yang dapat mendaftar secara online, ABK harus melakukan pendaftaran secara manual dengan mendatangi sekolah.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri I Sangatta Utara, Sukartini, setelah melakukan pendaftaran, anak dilakukan tes psikologi, nantinya dari hasil tersebut dapat ditentukan, apakah anak tersebut dapat mengikuti pelajaran di sekolahnya atau harus melanjutkannya ke SLB.

Kartini menambahkan, untuk anak berkebutuhan khusus memang membutuhkan tenaga pengajar yang berbeda, karena setiap satu anak akan didampingi satu orang guru. Namun jika memang ada ABK yang dapat menyesuaikan dengan sistem belajar biasa maka akan dilakukan pengajaran yang sama.

Sebelumnya ada ABK memilih masuk di kelas siswa biasa, Ia tidak mau digabungkan kelas ABK, meskipun dalam menerima mata pelajaran lebih lambat, namun siswa tersebut akhirnya dapat meraih nilai yang baik, yang selanjutnya pada kenaikan kelas,  sudah tidak masuk di kelas ABK.

Kartini menjelaskan, pemahaman juga diberikan kepada siswa lain yang bukan ABK, untuk memahami dan menghormati temannya. Jadi, ABK tidak mendapat perlakukan berbeda di sekolahnya dari teman-temannya.

Kartini mengaku, jika pada tahun sebelumnya jumlah ABK yang terdaftar di sekolahnya ada tiga orang, maka tahun ini diperkirakan ada delapan orang yang akan mendaftar di sekolah, sesuai dengan informasi dari sekolah dasar mereka sebelumnya.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Pendaftaran Siswa Baru Dimulai, SMPN I Sangatta Utara Terima ABK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.