Menu Click to open Menus
Home » Pendidikan » Pendaftaran Siswa Baru Secara Onile, Sekolah Terpantau Lenggang

Pendaftaran Siswa Baru Secara Onile, Sekolah Terpantau Lenggang

(364 Views) Juli 2, 2018 4:17 pm | Published by | No comment
 Suasana pendaftaran sekolah hari pertama di SMPN I Sangatta Utara (Foto:KhusnulKhotimah)

Sangatta – Berbeda dari penerimaan siswa baru pada tahun sebelumnya, pada tahun ini beberapa sekolah mulai tingkat SD hingga SMA terpantau lebih lenggang, hal tersebut dikarenakan mulai tahun ini, penerapan sistem pendaftaran online sudah diberlakukan. Dari pantuan media,  beberapa sekolah yang biasanya diserbu oleh murid dan wali murid pada waktu pendaftaran sekolah, kini terlihat lebih sepi, salah satunya SMP Negeri 1 Sangatta Utara, hanya ada beberapa orang tua murid yang datang untuk memverifikasi dokumen setelah berhasil mendaftar online.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sangatta Utara, Sukartini, pemberlakukan sistem online sangat mempermudah orang tua dan sekolah, jika sebelumnya orang tua harus berjubel untuk mengantri saat mendaftarkan anaknya, kini hanya tinggal mengakses pendaftaran melalui online dan bisa dilakukan dimana saja, demikian juga dengan pihak sekolah, dengan pendaftaran online lebih memudahkan pelayanan sekolah. Sekolah tinggal menunggu orang tua murid yang sudah berhasil mendaftar secara online, dengan menunjukkan hasil pendaftaran yang diprin-out setelah berhasil mendaftar.

Lebih lanjut Sukartini, siswa yang sudah berhasil mendaftar tinggal membawa berkas yang menjadi persyaratan seperti foto copy surat keterangan lulus dari sekolah yang dilegalisir, Surat Hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (SHUSBN), Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, dan piagam prestasi jika ada. Yang kemudian akan dilakukan verifikasi oleh pihak sekolah.

Tidak berbeda dari tahun sebelumnya, penerimaan siswa baru juga berdasarkan zona dari sekolah tersebut. Jadi, calon siswa yang beda di luar zona yang sudah ditentukan sekolah, tidak bisa mendaftar ke sekolah tersebut, namun ke sekolah yang masuk dalam zona tempat tinggalnya.

Dengan system online, menurut Sukartini juga memudahkan pihak sekolah yang tidak harus menjelaskan satu persatu kepada para orang tua murid, karena dalam aplikasi tersebut, jika data yang dimasukkan, alamat tingganya melewati zona yang ditentukan, maka secara otomatis akan melakukan penolakkan pada saat pendafaran online.

Untuk mendaftar, calon siswa baru tinggal mengakses http://kutaitimur.siap-apbd.com. Sedangkan untuk jumlah penerimaan siswa baru yang akan diterima SMP Negeri I Sangatta Utara pada tahun ini, sebanyak dua ratus delapan puluh lima orang yang nantinya akan dibagi dalam Sembilan ruang belajar.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Pendaftaran Siswa Baru Secara Onile, Sekolah Terpantau Lenggang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.