Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Penempatan Tenaga Kerja Di Matchingkan Dengan Ketrampilan/Keahlian

Penempatan Tenaga Kerja Di Matchingkan Dengan Ketrampilan/Keahlian

(507 Views) Februari 6, 2015 2:45 pm | Published by | 1 Comment

Sekretaris Disnakertran 2Sangatta, rpdkutim.wordpress.com – Dalam upaya menekan angka pengangguran di Kabupaten Kutai Timur yang masih cukup tinggi, beberapa program/kegiatan telah dilakukan oleh Disnakertrans kutim. Selain membuat Balai Latihan Kerja Mandiri (BLKM), pihaknya meng-lingkan/mengsinkronkan kebutuhan tenaga kerja dangan kebutuhan yang diperlukan oleh suatu perusahaan tertentu dengan melihat terlebih dahulu ketrampilan/keahlian yang dimiliki oleh penacari kerja .

Oleh karena itu, Disnakertrans seperti dikatakan Sekretaris Disnakertrans Kutim Winarso Budi Wibowo bahwa pihaknya selalu menekankan kepada setiap tenaga kerja, harus mempunyai ketrampilan/keahlian tertentu, sehingga bisa menjadi sebuah bekal mencari kerja. Dalam hal ini Disnakertrans terlebih dahulu akan melakukan matching antara kebutuhan tenaga kerja dengan tenaga kerja yang mendaftarkan diri di Disnakertrans sebagai pencari kerja. Hal tersebut disampaikan dalam Talk Show di studio RPD Kutim 99,40 fm yang beralamat di Jalan Sulawesi nomor delapan dalam program “Hallo Kutim” pada kamis (5/2) pukul 09.00 s/d 11.00 wita.

Disnakertran juga melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan ketrampilan/keahlian kepada tenaga yang belum memiliki keahlian tertentu, baik itu melalui Diklat, melalui pelatihan kerja, belajar sendiri dan lain sebagainya. Selain itu seorang pencari kerja/tenaga kerja harus mempunyai sertifikat/ijazah yang berkaitan dengan ketrampilan/keahliannya. Baik dia sebagai ahli komputer, ahli mekanik, ahli las dan hal-hal lainnya yang bersifat khusus. Sedang yang bersifat umum, pencari kerja dapat mendaftarkan diri dimana saja jika ada minat, baik di pegawaai negeri maupun di swasta yang melakukan pelatihan-pelatihan tertentu seperti mekanik, komputer, arus kuat dan arus lemah di suatu perusahaan/lembaga tertentu.

Pemerintah melalui Disnakertrans juga telah membangun kerja sama dengan beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Kutai Timur secara menerus untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada tenaga kerja maupun kepada masyarakat pada umumnya. Beberapa perusahaan yang melakukan kerjasama dengn Pemerintah Kutim diantaranya Perusahaan Kaltim Prima Coal (KPC), Trackindo, UT, Thiess, Pama dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Uapaya untuk meningkatkan ketrampilan/keahlian, selanjutnya juga melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Kutai Timur, melalui kecamatan-kecamatan dengan harapan bisa sharing dan melakukan kerja sama melalui program CSR (Coorperation Social Responbility) untuk menyediakan dana pelatihan bagi tenaga kerja yang ada disekitar wilayah produksinya, sehingga pada akhir bisa merekrut tenaga kerja kerja tersebut. Adapun kecamatan-kecamatan yang telah melakukan kerja sama adalah Kecamatan Muara Wahau, Sangkulirang dan Kecamatan-kecamatan lainnya.(desi)

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

1
Leave a Reply

avatar
0 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of