Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pengadaan Sapi di Kutim Dibayangi Defisit Anggaran

Pengadaan Sapi di Kutim Dibayangi Defisit Anggaran

(468 Views) Agustus 30, 2016 10:33 am | Published by | No comment

Sangatta. Defisit anggaran yang dialami Indonesia dan juga berimbas pada kabupaten Kutai Timur, ternyata membayangi rencana pengadaan sapi untuk kelompok petani sapi di Kutim. Demikian diungkapkan Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutim Marjoni didampingi Kabid Peternakan Diah Ratna Ningrum.

Dikatakan bahwa pada tahun ini Kutai Timur mendapatkan jatah pengadaan sapi melalui Anggaran Pusat (APBN) yang disalurkan melalui Provinsi Kaltim sebanyak 1500 ekor sapi brahman cross untuk 30 kelompok tani sapi di Kutim. Info terakhir bahwa pada bulan puasa ramadhan kemarin sudah diadakan lelang. Sehingga seharusnya saat ini sudah ada pemenangnya. Namun hingga kini belum ada kabarnya. Dirinya berharap besar semoga rencana pengadaan sapi brahman cross tersebut tidak terkena imbas dari defisit anggaran yang dialami pusat. Terlebih bukan hanya pejabat teknis pengadaan sapi saja yang telah siap, namun para kelompok tani sapi sendiri juga sudah siap jauh-jauh hari. Termasuk sudah menyiapkan kandang dan lainnya. Padahal jika mengacu pada estimasi pengadaan, bantuan sapi brahman cross ini seharusnya sudah masuk ke Kutim pada Bulan Oktober atau November mendatang.

(Voice : Peternakan Diah – Pengadaan Dapi Brahman Cross)

Lanjut Diah, tidah hanya pengadaan sapi dari pemerintah provinsi saja yang terancam gagal, pengadaan sapi melalui APBD II Kutim tahun ini pun juga ikut terancam gagal. Hal ini karena merujuk pada instruksi Bupati Kutim yang memerintahkan menghentikan pembayaran dan penyerapan anggaran dan proyek yang menggunakan dana murni APBD II Kutim tahun 2016. Padahal pihak kontraktor lokal yang mengerjakan pengadaan sapi sudah melakukan pembayaran panjar agar sapi bisa didatangkan ke Kutim.

Hal ini juga sudah dilaporkan secara langsung oleh Plt Kadistanak Kutim kepada Bupati Kutim Ismunandar, dan tinggal menunggu keputusan Bupati. Apakah proyek pengadaan sapi melalui APBD II Kutim ini tetap dilanjutkan ataukah dihentikan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments