Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pengawasan Diambil Alih Provinsi, Aduan Masyarakat Terkait Masalah Ketenagakerjaan Bakal Sulit

Pengawasan Diambil Alih Provinsi, Aduan Masyarakat Terkait Masalah Ketenagakerjaan Bakal Sulit

(2772 Views) Januari 27, 2016 9:42 am | Published by | 176 Comments

Sangatta. Dengan diberlakukannya UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, selain dilakukannya penarikan kewenangan dan peleburan bebapa instansi ke Pusat dan Provinsi, seperti Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan dan Kelautan, dan Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga terkena imbasnya. Sebelum akhir tahun ini, Bidang Pengawasan yang sebelumnya melekat di SKPD ini, akan meleburkan diri dan diambil alih oleh Provinsi.

Menurut Kadisnakertrans Kutai Timur Abdullah Faizie, dengan diterapkannya UU 23  tersebut, berimbas dengan diambil bidang pengawasan oleh Disnakertrans Kaltim. Padahal bidang ini memiliki tupoksi yang sangat krusial yakni melakukan pengawasan terkait penerapan aturan ketenagakerjaan. Sedangkan pegawai PNS yang selama ini berada dibidang tersebut hingga saat ini masih belum memiliki kejelasan statusnya, apakah ikut ke Provinsi atau tetap di daerah.

Dikatakan, dengan ditariknya bidang tersebut bisa berimbas buruk pada pengawasan di lapangan. Misalnya laporan pelanggaran yang masuk biasanya diterima bidang pengawasan Disnakertrans daerah, namun bila aturan tersebut berlaku maka pelaporan pelanggaran langsung ditangani Disnakertran Kaltim. Bagi pihak perusahaan mungkin bukan masalah besar, namun bagi masyarakat tentu akan menyulitkan karena aksesnya harus ke Provinsi.

(voice)

Lebih jauh Fauzie mangatakan, pihaknya berencana akan membuat sub bidang baru untuk mengakomodir laporan pengawasan yang masuk. Namun selama tidak bertentangan dengan aturan yang ada. Harapannya tentu untuk mempermudah para buruh atau pegawai untuk melaporkan adanya ketidakjelasan dari pekerjaan yang dilakukan dengan perjanjian kerja bersama (PKB) yang disepakati.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

176 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments