Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Penyeleseian Polemik Sampah Di Kutim, Menjadi Prioritas Pemkab

Penyeleseian Polemik Sampah Di Kutim, Menjadi Prioritas Pemkab

(169 Views) Agustus 19, 2020 5:09 pm | Published by | No comment

SANGATTA– Persoalan sampah masih menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) hingga saat ini. Produksi sampah yang kian hari kian bertambah berdampak pada menumpuknya jumlah sampah baik di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) maupun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Hal tersebut disebabkan mulai dari minimnya armada untuk mengangkut sampah ke TPS hingga lahan TPA yang saat ini sudah penuh sehingga perlu adanya lahan yang baru agar sampah khususnya di TPA Batota tidak numpuk. Untuk itu, sesuai hasil rapat sebelumnya dengan Plt Bupati dan pihak perusahaan khususnya PT. KPC mengupayakan agar secepatnya ada jalan keluar mengenai sampah di Kutim khususnya TPA. Untuk pengangkutan sampah ke TPS sendiri yang disinyalir akibat minimnya armada, saat ini pemkab Kutim tengah mengupayakannya dengan dinas terkait baik Lingkungan Hidup maupun PU.

Sementara untuk pembenahan TPA yang lahannya dijanjikan oleh PT. KPC . Menurut pihak KPC, tidak perlu menambah lahan tetapi TPA batota butuh alat tekhnologi yang mampu mengurai sampah yang ada di Kutim seperti yang sudah digunakan oleh beberapa kota di Bandung Jawa Barat. Namun. semua itu masih dikaji, apakah menggunakan alat canggih tersebut atau tetap menyediakan lahan.

Lebih jauh disampaikan,  bahwa permasalahan sampah ini menjadi prioritas pemkab Kutim. Untuk itu, semua yang berkaitan dengan sampah tersebut akan dimasukkan pada APBD perubahan nantinya. Mulai penganggaran armada hingga alat canggih yang kemungkinan akan diadopsi di Kutim seperti rekomendasi PT. KPC.

Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan Suko Buono, mewakili Plt Bupati Kutim, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor), Rabu (19/8/20)di Ruang Arau Kantor Bupati Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments