Menu Click to open Menus
Home » Pariwisata » Penyuluh Pertanian Lapangan Miau Baru,Yavet Girik, Raih Penghargaan Sebagai PPL Berprestasi Dari Kementan

Penyuluh Pertanian Lapangan Miau Baru,Yavet Girik, Raih Penghargaan Sebagai PPL Berprestasi Dari Kementan

(57 Views) April 9, 2019 1:53 pm | Published by | No comment

Miau Baru – Merubah metode pertanian bagi masyarakat adat lokal Miau Baru, Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai timur, membawa Yavet Gerik menjadi penyuluh pertanian lapangan (PPL) terbaik mewakili Kalimantan Timur menuju nasional. prestasi ini di raih setelah Yavet mendapatkan penilaian dan seleksi dari kementerian Pertanian Republik Indonesia, selanjutnya penghargaan tersebut rencananya akan diberikan pada Rabu (10/4/2019), di Makassar Sulawesi Selatan, dengan PPL berprestasi lainnya dari seluruh Indonesia.

Yavet Girik Saat berbincang dengan RPD Kutim menerangkan, bahwa seperti yang kita ketahui, Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu sentra pangan di Kaltim khususnya di Kongbeng yang berada di Desa Miau Baru. hal tersebut yang membuat Yavet melakukan berbagai gebrakan baru kepada para petani lokal, khususnya masyarakat adat yang berada di Miau Baru. salah satunya merubah cara tanam masyarakat adat lokal yang sebelumnya bertani dengan berpindah-pindah tempat dengan menggunakan lahan kering, berubah menjadi pertanian dengan persawahan tetap, hal tersebut juga dilakukan melalui adanya program upaya khusus (UPSUS) pemerintah pusat tahun 2015 yang memudahkan masyarakat untuk melakukan percetakan sawah, sehingga tidak bergantung lagi pada metode pertanian ladang.

selain merubah cara tanam masyarakat adat lokal, Yavet juga membina 68 kelompok Tani (Poktan), yang ternyata melampaui target dari kementrian yaitu maksimal dalam satu PPL dapat membina 16 Kelompok Tani. selain itu Yavet juga saat ini tengah menggalakkan masyarakat adat untuk memanfaatkan lahan rawa menjadi lahan pertanian.

Dengan prestasi ini, Yavet berharap, setiap program yang ada, baik dari Kabupaten, propinsi maupun pusat dapat lebih berpihak kepada masyarakat tani, juga para petani maupun penyuluh dapat diberikan pelatihan yang lebih banyak lagi.

Voice Ester

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Penyuluh Pertanian Lapangan Miau Baru,Yavet Girik, Raih Penghargaan Sebagai PPL Berprestasi Dari Kementan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.