Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Per 31 Januari 2017, Layanan Kesehatan Melalui Kepemilikan SKTM di Kutim Bakal dihentikan

Per 31 Januari 2017, Layanan Kesehatan Melalui Kepemilikan SKTM di Kutim Bakal dihentikan

(2410 Views) Januari 16, 2017 4:04 pm | Published by | 282 Comments

bahraniSangatta – Per 31 Januari 2017 Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, melalui Dinas Kesehatan Kutai Timur akan menghentikan program jaminan pelayanan kesehatan melalui kepemilikan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Demikian diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur dr. Bahrani pada Cofee Morning, Senin (16/1/17) diruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi, Sangatta.

Ditemui awak media usai Coffee Morning, dr. Bahrani menjelaskan diberhentikannya jaminan pelayanan kesehatan melalui SKTM ini, karena mengejar ketertinglan Kutim dengan Kabupaten/Kota lainnya yang telah mengintegrasikan Jamkesda, Jamkesprov dan SKTM ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Selain itu, aturan yang mewajibkan seluruh warga negara Indonesia harus memiliki BPJS sesuai dengan UU nomor 24 tahun 2011.

Lebih lanjut, Dia menambahkan jika memang masih ada yang tercecer masih menggunakan SKTM, namun akan diperketat penggunaannya. Setelah itu akan diserahkan ke Dinas Sosial. Dinas Sosial akan mengurus SKTM menjadi BPJS, jika memang pemegang SKTM benar terdaftar dalam data masyarakat miskin di Kutai Timur. Dia mengatakan Dinkes Kutim telah menyampaikan surat edaran kepada camat Se-Kabuapten Kutai Timur, untuk mensosialisasikan, terkait pemberhentian layanan kesehatan melalui SKTM per 31 Januari 2017. Karena yang mengeluarkan SKTM dari pihak Kecamatan, Ia mengharapkan dengan adanya penyampaian tersebut bisa lebih berhati-hati untuk mengeluarkan SKTM.

Insert 1 : dr. Bahrani

Lebih jauh, Ia mengungkapkan di Kutim saat ini, kurang lebih 4000 orang yang terdaftar dalam warga miskin. Warga miskin inilah yang akan mendapat jaminan kesehatan melalui BPJS oleh Pemkab Kutim, melalui Dinas Sosial. Selain itu, 4000 Tenaga Kerja Kotrak Daerah (TK2D) di Lingkungan Pemkab Kutim akan mendapat jaminan kesehatan melalui BPJS.

Insert 2 : dr. Bahrani

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

282 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments