Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Peran BAPPEDA Dalam Upaya Memaksimalkan Usulan-Usulan Yang Disampaikan Dalam MUSRENBABGCAM

Peran BAPPEDA Dalam Upaya Memaksimalkan Usulan-Usulan Yang Disampaikan Dalam MUSRENBABGCAM

(589 Views) Februari 9, 2015 6:28 pm | Published by | No comment
Serketaris BAPPEDA Kutim Arjonhansyah

Serketaris BAPPEDA Kutim Arjohansyah

Sangatta, rpdkutimfm.wordpress.com – Dalam rangka meneyelaraskan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kutai Timur Tahun 2016, Pemerintah Derah perlu melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah terlebih dahulu dengan pihak Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur agar dapat menampung usulan-usulan/aspirasi-aspirasi yang disampaikan mulai dari Desa-Desa, Kecamatan-Kecamatan yang akan dilanjutkan ke tingkat Kabupaten hingga ke Provinsi Kalimatan Timur.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur melakasanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah tingkat kecamatan-kecamatan (MUSRENBANGCAM) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kutim dengan Tim/SKPD Pendamping seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa dan Dinas Kelautan dan Perikanan.

MUSRENBANGCAM ini dilaksanakan menyeluruh di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur, yang diawali di Sangatta Selatan pada hari senin (9/2) pukul 08.00 wita s/d selesai bertempat di Kantor Kecamatan Sangatta Selatan. Kegiatan ini sendiri terbagi dalam empat zona yakni, zona pertama/wilayah I adalah Kecamatan Sangatta Selatan, Sangatta Utara, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bengalon, selain Kecamatan Sangatta Selatan, empat kecamatan lainnya yang berada di Zona pertama melaksanakan MUSRENBANGCAM serempak pada hari selasa (10/2) dimasing-masing Kecamatan.

Wilayah kedua adalah Kecamatan Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat dan Busang, yang akan melaksanakan MUSRENBANGCAM pada hari selasa (10/2). Selanjutnya Zona kedua/wilayah III yaknin Kecamatan Telen, Kongbeng, Muara Wahau, dan Batu Ampar. Zona Keempat yaitu Kecamatan Sangkulirang, Kaliorang, Sandaran, Kaubun dan Karangan.

Di katakan Sekretaris BAPPEDA Kutim Arjohansyah pada saat ditemui diruang kerjanya di Kantor BAPPEDA, MUSRENBABGCAM (Muyawarah Rencana Pembangunan Daerah Kecamatan) merupakan agregat/tindak lanjut dari MUSRENBANG yang telah dilaksanakan di Desa-Desa, yang ditindaklanjuti ke Kecamatan. BEPPEDA disini berperan sebagai timteng dari pihak Desa yang menyampaikan usulan-usulannya untuk menyelaraskan atau menyesuaikan usulan =-usulan tersebut dengan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2016, yang artinya BAPPEDA akan melihat apakah usulan-usulan tersebut termasuk dalam skala prioritas atau tidak, dan tugas BAPPEDA adalah memperbaiki usulan-usulan yang disampaikan sehingga betul-betul bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan bisa menjadi prioritas pembangunan yang akan dimasukan menjadi program atau kegiatan dimasing-masing Kecamatan.

Harapan BAPPEDA sendiri dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan kali ini, tidak hanya dihadiri oleh BAPPEDA saja, melain dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Pemerintahan kabupaten Kutai Timur, dan termasuk anggota Dewan yang merupakan Daerah pemilihannya sehingga betul-betul bisa menampung aspirasi-aspirasi atau usulan-usulan yang disampaikan dari masyarakat yang nanti akan dilanjutkan dalam Musyawarah Rencana Pembangun Daerah (MUSERENBANG) tingkat Kabupaten di Sangatta.(desi)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments