Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PERAN PERUSAHAAN SUDAH OPTIMAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN HIV/AIDS

PERAN PERUSAHAAN SUDAH OPTIMAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN HIV/AIDS

(3147 Views) Juni 9, 2016 8:40 am | Published by | 161 Comments

SANGATTA –Berdasarkan kepmenaker No. 68 tahun 2004 tentang pencegahan HIV/AIDS di tempat kerja. Perusahaan melalui Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi melakukan kerjasama dengan KPAD Kutai Timur untuk melaksanakan pencegahan penularan HIV/AIDS ditempat kerja. hal ini disampaikan kepala Bidang Kepengawasan Tenaga Kerja, Wartoyo kepada Rpdkutim. dikatakan, soasialisasi sendiri khusus untuk tahun 2016 sudah dilakukan 2 kali ke perusahaan – perusahaan untuk memastikan dan memberikan arahan agar pelaksanaan pencegahan HIV/AIDS ditempat kerja betul- betul dilaksanakan. Dari dasar tersebutlah di lakukan penilaian, dimana ke 9 perusahaan ini dikatakan penilaiannya memang ketat dengan kriteria yang sangat banyak yaitu hampir 9 point. Salah satunya harus mempunyai dokumen tertulis yang kaitannya kebijakan tentang HIV/AIDS ditempat kerja. Selain itu, mereka juga mensosialisasikan program tersebut kepada pekerjanya. melakukan pendidikan dan pelatihan serta upaya untuk mencegah stigma dan diskriminasi terhadap karyawan di perusahaan dan memiliki dukungan juga perawatan bagi perusahaan yang ada ODHAnya. dan yang tak kalah penting  adalah anggaran untuk melaksanakan P2 HIV/AIDS.

Di samping itu, karyawan yang semakin meningkat yang dilakukan sosialisasi dan evaluasi dengan memiliki prosedur untuk P2 HIV/AIDS dan pelaporan kepada instansi yang berwenang dalam hal ini Dinas kesehatan, kemudian Disnaker dan KPAD. selanjutnya, harus mempunyai program pendanaan dari CSR. dikatakan ini yang paing terpenting dilakukan sehingga pengerjaannya dapat berjalan dengan baik.adapun 9 perusahaan yang mendapatkan penghargaan pencegahan HIV/AIDS diantaranya, PT KPC, PAMA PERSADA, PT. HEXINDO, PT. THIESS, PT. BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA, PT. INDO MINCO, PT. LIBER, PT. DARMA HENWA dan PT. UNITET TRACTOR. Selain penghargaan perusahaan, adapula penghargaan pemerhati HIV/AIDS .

Voice: Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan, Wartoyo

Perwakilan perusahaan yang mendapatkan penghargaan tersebut menjelaskan, Ada bebera item upaya yang dilaksanakan perusahaan sehingga dapat menerima penghargaan pencegahan HIV/AIDS diantara, mensosialisasikan mengenai HIV/AIDS ke karyawan sendiri terlebih dulu, seperti penempelan poster, melakukan program pendidikan dan pelatihan bagaiamana caranya mengetahui penularan dan cara pencegahannya seperti apa. Tak hanya itu juga dilakukan program kepada masyarakat seperti ke sekolah- sekolah melalui penyuluhan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

161 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments