Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Peresmian KEK Maloy bertepatan dengan Peresmian 3 proyek besar Kaltim, Kedatangn Presiden Jokowi Masih Belum Jelas

Peresmian KEK Maloy bertepatan dengan Peresmian 3 proyek besar Kaltim, Kedatangn Presiden Jokowi Masih Belum Jelas

(201 Views) Februari 25, 2019 7:05 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Sesuai dengan hasil rapat bupati Kutai Timur Ismunandar dengan Kementerian Perekonomian di Jakarta pada tanggal 22 februari ,  terkait perubahan jadwal peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Sangkulirang Kutim,  yang sebelumnya dijadwal tanggal 25 Februari diundur. Ismunandar menjelaskan, sesuai hasil rapat tersebut, telah disepakati bahwa peresmian  KEK Maloy akan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret mendatang. namun, sesuai jadwal semula yang rencananya akan diresmikan langsung oleh presiden Jokowi belum jelas. hal ini bersamaan dengan diresmikannya tiga proyek besar di Kalimantan Timur secara nasional yang akan diresmikan oleh presiden Jokowi yang akan dipusatkan di Kota Balikpapan. Tiga proyek besar tersebut antara lain, Bendungan Teritip di Balikpapan, Jalan Tol (masa kepemimpinan Awang Faroek) dan pembagian kurang lebih tiga ribu (3.000) surat- surat tanah,  dan yang keempat Maloy di Kutim.  hal inilah yang masih menjadi tanda tanya, apakah KEK Maloy akan diresmikan bersama 3 proyek besar lainnya itu, sekaligus di Balikpapan atau diresmukan secara terpisah. bupati menjelaskan, jika peresmian Maloy dilakukan langsung di Sangkulirang, kemungkinan bukan presiden yang akan menghadiri tetapi akan diwakili oleh Menteri Perekonomian. bupati Kutim Ismunandar menjelaskan, ditemui RPD Kutim usai rapat Coffie Morning dengan (SKPD) minggu ketiga februari.

KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 2014 dengan total luas area sebesar 557,34 Haa. Kawasan ini kaya akan sumber daya alam terutama kelapa sawit, kayu dan energi didukung dengan posisi geostrategis yaitu terletak pada lintasan Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II). ALKI II merupakan lintasan laut perdagangan internasional yang menghubungkan Pulau Kalimantan dan Sulawesi, serta merupakan jalur regional lintas trans Kalimantan, dan transportasi penyeberangan ferry Tarakan-Tolitoli, dan Balikpapan-Mamuju.

KEK MBTK diharapkan dapat mendorong penciptaan nilai tambah melalui industrialisasi atas berbagai komoditi di wilayah tersebut. Berdasarkan keunggulan geostrategis wilayah Kutai Timur, KEK MBTK akan menjadi pusat pengolahan kelapa sawit dan produk turunannya, serta pusat bagi industri energi seperti industri mineral, gas dan batu bara.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of