Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia ,DPPKB Kutim Targetkan 562 Alat Kontrasepsi Terpasang.

Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia ,DPPKB Kutim Targetkan 562 Alat Kontrasepsi Terpasang.

(18 Views) September 23, 2020 10:49 pm | Published by | No comment

SANGATTA- Dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi Se-Dunia yang akan jatuh pada 26 September mendatang ini , Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kutai Timur (Kutim) menargetkan sebanyak 562 Alat Obat Kontrasepsi Jangka Panjang terpasang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mustika Mustika selaku Kepala Bidang KB, Dinas PPKB Kutai Timur saat melakukan Talk Show dengan Rpd Kutim beberapa hari yang lalu. Ia menyatakan bahwa di hari kontrasepsi Sedunia  pihaknya telah menyiapkan setidaknya 562 MKJP berupa IUD sebanyak (344) alat dan Implan (218), yang telah dan masih akan dilakukan pelayanannya di 5 kecamatan, dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Selain pelayanan kontrasepsi gratis, Mustika menambahkan bahwa melalui kerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutim dan Kodim 0909 pihaknya melakukan bakti sosial di lima kecamatan yaitu kecamatan Sangatta Utara, Kaubun, Kaliorang, Sandaran, dan Sangkulirang. Namun, sambung Mustika, salah satu kendala yang dialami adalah tenaga medis khususnya bidan yang semuanya belum memiliki skill dalam melakukan pemasangan alat kontrasepsi tersebut sehingga dari sekian banyaknya petugas hanya beberapa saja bidan yang bisa melakukan pemasangan tersebut. Untuk itu, Ia berharap kedepan agar ada pelatihan agar mereka mempunyai kompetensi dan legalitas dalam memberikan pelayanan.

Lebih jauh dijelaskan, dalam bakti sosial tersebut, pihaknya melakukan penyuluhan dan target penyuluhan KB dengan langsung ke lapangan maupun promosi melalui media sosial seperti WhasApp, Instgaram hingga Facebook dikarenakan adanya pandemi Covid- 19.

Dengan adanya peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia tersebut, Mustika berharap ada peningkatan kesadaran mengenai penggunaan alat kontrasepsi serta informasi kesehatan reproduksi dapat sampai ke tengah masyarakat.

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of