Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Peringati Hari TBC Sedunia, Wakil Bupati Kampanyekan Gerakan TOSS TBC

Peringati Hari TBC Sedunia, Wakil Bupati Kampanyekan Gerakan TOSS TBC

(23 Views) Maret 24, 2019 9:48 pm | Published by | No comment

Sangatta– Tuberkulosis atau TBC masih menjadi momok bagi Indonesia. Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Indonesia menempati urutan ketiga negara dengan kasus TBC tertinggi di dunia dengan jumlah kasus 842 ribu, di bawah India dengan 2,74 juta kasus dan China di posisi kedua sebanyak 889 ribu. Dari data di atas baru setengah yang ditemukan dan di obati.

Mentri Kesehatan Republik Indonesia, melalui Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang menyampaikan bahwa pemerintah bersama seluruh masyarakat telah melalukan berbagai upaya untuk menemukan dan mengobati semua pasien tuberculosis yang ada di Indonesia.  salah satu upaya yang di lakukan yaitu melalui Gerakan Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC). Temukan TB Obati Sampai Sembuh, berikan dukungan moril dengan mengajak penderita TB berobat sampai sembuh tuntas, tidak bersikap diskriminatif terhadap pasien TB, dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga Indonesia dan terkhusus Kabupaten Kutai Timur bebas TB sebelum tahun 2030.

Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) yang diperingati pada 24 Maret setiap tahun, dirancang untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa TBC sampai saat ini masih menjadi epidemi di dunia. Tema HTBS 2019 di Global adalah Its time, sejalan dengan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Indonesia mengambil tema peringatan HTBS tahun 2019 yaitu Saatnya Indonesia Bebas TBC, Mulai dari Saya.

Voice Erwin F Syuhada

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Peringati Hari TBC Sedunia, Wakil Bupati Kampanyekan Gerakan TOSS TBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.