Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Permudah Pengurusan E-KTP, Disdukcapil Kutim Siapkan 3 Loket Pelayanan

Permudah Pengurusan E-KTP, Disdukcapil Kutim Siapkan 3 Loket Pelayanan

(3018 Views) September 1, 2016 9:38 am | Published by | 114 Comments

Sangatta. Jelang batas akhir masa perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada 30 September mendatang, kepadatan masyarakat Kutai Timur dalam melakukan pembuatan dan perekaman E-KTP sudah terlihat di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur. Bahkan untuk mengurai padatnya masyarakat yang berjubel dalam melakukan pengurusan E-KTP, Disdukcapil Kutim terpaksa harus menambah 2 (dua) loket pelayanan tambahan. Demikian diungkapkan Kepala Disdukcapil Kutim Januar Harlian Putra Lembang Alam.

Ditemui awak media di ruang kerjanya, Januar mengaku sebulan jelang masa batas akhir perekaman E-KTP, terjadi lonjakan masyarakat yang mengurus E-KTP. Biasanya dalam sehari, pihaknya hanya melayani maksimal hingga 50 orang masyarakat, kini pihaknya bisa melayani hingga 150 warga perharinya. Sehingga untuk memudahkan pelayanan dan masyarakat yang datang tidak berdesak-desakan, pihaknya membuka dua loket pelayanan tambahan. Bahkan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan membuka pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu. Namun Januar juga menghimbau masyarakat agar melakukan perekaman KTP elektronik di kantor kecamatan setempat. Hal ini agar masyarakat tidak perlu berdesak-desakan di kantor Disdukcapil.

Dikatakan, masyarakat ternyata cukup merespon edaran yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait batas akhir perekaman KTP elektronik. Selain itu, masyarakat juga berupaya menghindari sanksi atau akibat yang ditimbulkan jika tidak segera melakukan perekaman KTP elektronik. Diantaranya tertutupnya akses administrasi dan pelayanan publik masyarakat, seperti tidak bisa mengurus surat izin mengemudi (SIM), Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS), surat tanda nomor kendaraan bermotor (BPKB), tidak bisa membuka rekening tabungan bank dan lainnya.

(Voice : Capil Januar – Batas Perekaman EKTP)

Lebih jauh Januar mengatakan, dari data terakhir hingga kini jumlah penduduk Kutim yang belum melakukan perekaman KTP elektronik sebanyak 89.560 jiwa atau 31 persen dari jumlah penduduk Kutim sebesar 413.508 jiwa. Dirinya optimis target ini dapat terselesaikan pada 30 September mendatang. Dirinya menghimbau agar masyarakat datang sendiri melakukan perekaman KTP elektronik dan jangan tertipu rayuan

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

114 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments