Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Pernyataan Sikap Tokoh Agama, Masyarakat, Adat dan Pemuda Sikapi Aksi Terorisme

Pernyataan Sikap Tokoh Agama, Masyarakat, Adat dan Pemuda Sikapi Aksi Terorisme

(325 Views) Mei 16, 2018 4:28 pm | Published by | No comment

 ( foto by khusnul khotimah )

Sangatta – Menyikapi aksi terorisme yang beberapa hari terakhir terjadi di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menggelar rapat koordinasi kewaspadaan dini, pernyataan sikap dan doa bersama, yang berlangsung di ruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur, Rabu, 16 Mei.

Rapat yang dimaksudkan untuk memberikan arahan mengenai kewaspadaan dini terhadap terorisme tersebut, mengundang seluruh tokoh masyarakat lintas agama, tokoh adat dan pemuda, Ketua RT serta Kepala Desa dari Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan.

Berada dibarisan terdepan Bupati Kutai Timur, Ismunandar yang didampingi Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, Sekertaris Daerah, Irawansyah, Kapolres Kutim, AKBP. Teddy Ristiawan, Kodim 0909 Sangatta, Letkol Inf. Khamil Bahren Pasha, Danlanal Sangatta, Letkol Laut (P). Mulyan Budiartha serta Wakil Ketua DPRD Kutai Timur, Yulianus Palangiran.

Dalam Sambutannya, Ismunandar berpesan, teroris bisa masuk dari mana saja, untuk itulah kita harus bersama-sama menghalau kedatangan oknum-oknum teroris yang tidak bertanggung jawab. Karena keberdaan mereka susah terdeteksi.

Ia berpesan agar masing-masing tokoh agama dapat menyampaikan pesan-pesan kepada para umatnya untuk meningkatkan keimanan sehingga terlindung dari pengaruh radikalisme.

Tak jauh berbeda, AKPB Teddy Ristiawan dalam arahannya juga mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada, ikut andil dalam pencegahan aksi terorisme dengan peka terhadap lingkungan sekitar, seperti jika ada pendatang yang masuk, dan tidak dilengkapi identitas jelas, maka harus dilaporkan, karena menurutnya, petugas keamanan tidak bisa bekerja sendiri dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Teddy menambahkan, waspada menjadi suatu yang wajib, karena meski sampai saat ini memang masih belum ada satupun yang ditemui sel terorisme di Kutai Timur, namun daerah terdekatnya seperti Bontang dan Samarinda sudah ada, sementara jarak kedua daerah tersebut terhitung dekat dengan Kutai Timur.

Kegiatan yang ditutup dengan pembacaan lima poin pernyataan sikap oleh seluruh peserta yang datang tersebut, menjadi bentuk kebersamaan seluruh elemen masyarakat menjaga keutuhan NKRI dan bentuk penolakan serta perlawanan terhadap terorisme.

Voice : Khusnul Khotimah

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Pernyataan Sikap Tokoh Agama, Masyarakat, Adat dan Pemuda Sikapi Aksi Terorisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.