Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jadi Sejarah, Stiper Kutim Gelar Wisuda Secara Online

Jadi Sejarah, Stiper Kutim Gelar Wisuda Secara Online

(52 Views) Agustus 31, 2020 11:54 pm | Published by | No comment

SANGATTA– Untuk pertama kalinya Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur (Kutim) menggelar  wisuda mahasiswa secara online atau daring (Dalam Jaringan),

Pasalnya, saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 (C-19).

Ketua Stiper Kutim, Professor. dr.ir Juraemi, M.Si ditemui RPD Kutim diruang kerjanya usai melaksanakan gladi bersih Senin (31/8/20) mengatakan, tahun ini hanya 59 mahasiswa yang bisa mengikuti wisuda ke XI. Pasalnya, ditengah pandemi C-19 yang melanda saat ini para mahasiswa mengalami kendala dalam menjalankan penelitian yang mengharuskan turun ke lapangan. Belum lagi ada sejumlah mahasiswa yang harusnya melakukan penelitian dibeberapa Kecamatan dan desa, namun wilayah tersebut masuk dalam zona merah penyakit corona sehingga mau tidak mau memaksa sejumlah mahasiswa menunda penelitian mereka.

Selain kendala di lapangan, ada juga hasil penelitian atau sampel yang harus diuji laboratorium. Sedangkan, Stiper sendiri belum memiliki laboratorium. Walaupun lanjut professor Juraemi, biasanya selama ini dibawa ke Unmul namun disanapun saat ini sedang tutup akibat C-19.

Namun demikian ungkap Juaremi, peserta wisuda tahun ini didominasi oleh mahasiswa semester akhir. Walaupun jumlahnya memang sedikit bahkan sangat jauh dari jumlah wisuda tahun- tahun sebelumnya, namun tidak menyisahkan mahasiswa yang bisa kena drop out (DO)

Sebagai langkah antisipasi dari kendala- kendal yang dialami saat ini khususnya mengenai penelitian di lapangan apabila C-19 belum pulih, maka pihaknya akan merubah penelitian tersebut dengan cara lain namun tidak menghilangkan karya ilmiah seorang mahasiswa.

Sementara mengenai persiapan wisuda online yang akan dilaksanakan, Selasa (1/9/20) itu sudah dipersiapkan dengan matang. Wisuda online ini juga dikatakan mengambil refrensi dari pendahulunya yakni Unmul sehingga tidak ada perlu dikwatirkan. Panitia dan semua tenaga ahli yang sudah disiapkan Stiper menurut Juraemi sudah sangat mantap.

Wisuda ini sendiri akan diikuti oleh peserta wisuda melalui sistem Daring (online) dan During yang tatap muka langsung, namun pesertanya terbatas. Wisuda Stiper ke XI secara online kali ini digelar dengan menerapkan standar protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of