Menu Click to open Menus
Home » Pariwisata » Pesta Panen Raya Suku Dayak Kayan Miau Baru Akan Dijadikan Event Tahunan

Pesta Panen Raya Suku Dayak Kayan Miau Baru Akan Dijadikan Event Tahunan

(88 Views) April 5, 2019 8:05 pm | Published by | No comment

Miau Baru – Masyarakat Miau Baru khususnya Suku Dayak Kayan kembali menyelenggarakan kegiatan Pesta Adat Panen Raya. Ritual ini dilakukan tiap kali usai melakukan panen padi, yang dilakukan dalam bentuk ritual khusus sebagai tanda syukur masyarakat suku dayak kayan kepada Tuhan, atas tercapainya atau berhasilnya apa yang telah dilakukan oleh masyarakat, khususnya pada satu musim tanam dan selanjutnya menyerahkan kembali setiap rencana berikutnya.

Mulai tahun ini acaranya dilaksanakan secara besar- besaran, dan sangat diharapkan oleh Suku Dayak Kayan khususnya masyarakat Miau Baru dapat dijadikan kegiatan tahunan, sehingga kedepan acara ini dapat dibuka secara nasional maupun internasional.

Menanggapi harapan dari masyarakat Dayak Kayan ini, pemerintah Kabupaten Kutai Timur,  yang dalam hal ini disampaikan oleh Pemkesra Suko Buono mengatakan, bahwa pemerintah berkomitmen untuk menjadikan kegiatan ini sebagai even tahunan. Pemerintah juga berharap, para stake holder lainnya mulai dari legislatif terutama bagi perusahaan yang beroperasi diwilayah tersebut, dapat bekerjasama untuk mengangkat tradisi Suku Dayak Kayan ini, untuk bisa rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Dikatakan, tidak hanya pemerintah tetapi semuanya diharapkan punya peranan penting, khususnya juga kepada para tokoh- tokoh masyarakat setempat.

Voice : Ester Pakabu

Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi yang telah menjadi ritual khusus kebudayaan suku Dayak Kayan sejak masa lampau, sebagai tradisi yang harus dilakukan setiap tahunnya, yang dikenal dengan” Ka’uh Tupuh Dumah Lebau”. Atau pengertian lainnya yang lebih sederhana yakni Pehelung Ka’uh Tupuh Duman Lebau yang artinya suatu acara dimana masyarakat suku dayak akan berkumpul makan bersama dalam suatu perayaan, yang menjadi tanda akhir suatu masa sebagai ungkapan syukur, untuk setiap pencapaian dan keberhasilan .

Kedepan, tradisi ini akan dilakukan lebih kepada penekanan nilai- nilai seni budaya yang dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan untuk lebih melestarikan warisan  budaya Suku Dayak Kayan.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Pesta Panen Raya Suku Dayak Kayan Miau Baru Akan Dijadikan Event Tahunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.