Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Petakan Variabel Instansi, Beberapa SKPD Bakal Dilebur dan Berdiri Sendiri.

Petakan Variabel Instansi, Beberapa SKPD Bakal Dilebur dan Berdiri Sendiri.

(7509 Views) Juli 12, 2016 9:19 am | Published by | No comment

Sangatta. Menindaklanjuti terbitnya Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang menginstruksikan kepada seluruh kepala Dinas dan Instansi di Lingkup Pemkab Kutim untuk melakukan pengisian variabel, faktor teknis urusan dan beban kerja yang disesuaikan dengan indikator di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Dalam surat Bupati Kutim bernomor  060/46/Org.II pertanggal 1 Maret 2016 tersebut, disebutkan bahwa merujuk pada UU 23/2014 yang mengisyaratkan kepada setiap daerah Kabupaten/Kota melakukan penataan urusan pemerintahan yang besifat wajib maupun urusan pemerintahan yang bersifat pilihan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten / Kota, yang mana urusan tersebut menentukan Tipelogi Struktur Organisasi Perangkat Daerah yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten / Kota. Hasil pengisian variabel ini kemudian diserahkan kepada Sub Bagian Kelembagaan Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur, paling lambat 14 Maret 2016.

Sementara, itu Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Daerah Kutim, Abdu Amir, saat dikonfirmasi membenarkan perihal tersebut. Dirinya mengatakan sesuai instruksi yang telah diberikan, saat ini sudah ada 42 variabel atau indikator urusan  sesuai dengan pemetaan urusan pemerintah di Lingkup Kabupaten Kutai Timur Tahun 2016. Dari keempatpuluh dua variabel tersebut, dipastikan akan ada beberapa instansi yang selama ini ada di lingkup pemkab Kutim bakal hilang. Seperti Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Distamben dan SDM), Dinas Kehutanan,karena seluruhnya diambil alih oleh Provinsi. Selain itu, ada pula dinas atau badan yang tidak memiliki variabel tipelogi, yakni Dinas Perkebunan, Badan Penyuluhan Pertanian dan Badan Penanggulangan Bencana.

Lanjut Abdu, setiap perangkat daerah memiliki skoring tipe mulai dari tipe C dengan skoring 400 hingga 600 poin. Tipe B dengan skoring 600 hingga 800 poin dan Tipe A dengan skoring 800 ke atas. Sementara bagi bagi instansi yang skoringnya dibawah tipe C maka kemungkinna besar akan dilebur sesuai rumpunnya. Beberapa instansi yang bakal dilebur sesuai rumpun yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, dan ada pula yang bakal berpisah dan berdiri sendiri. Seperti Dinas Perhubungan Kominfo Kutim yang bakal berpisah dan berdiri masing-masing. Ada pula Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata yang kemungkinan bagian Pariwisata bakal berpisah dan menjadi Dinas Pariwisata. Selain itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kemungkinan bakal bergabung dengan Badan Diklat.  Dinas Perindustrian serta  Badan Perpustakaan  kemungkinan akan melebur sesuai rumpun yang telah diatur dalam PP 18/2016 Pasal 40. Namun peleburan maupun penyatuan perangkat daerah ini masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Selanjutnya kemungkinan akan diatur pula Peraturan Daerah (Perda) Kutai Timur tentang Perangkat Daerah yang menyesuaikan dengan PP 18 Tahun 2016 tersebut.

(Voice : Ortal Abdu Amir – Pemetaan Variabel Tipe Instansi)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments