Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PETANI PADI DI MIAU DAPAT KANTONGI 19 JUTA SEKALI PANEN

PETANI PADI DI MIAU DAPAT KANTONGI 19 JUTA SEKALI PANEN

(406 Views) Juli 13, 2016 10:26 pm | Published by | No comment

Sembilan juta rupiah perkepala keluarga. Panen padi di Kecamatan Miau dilakukan dua kali dalam satu tahun. Setiap kepala keluarga di Desa Miau di bagikan setengah hektar sawah, sampai dengan saat ini sudah enam puluh persen kepala keluarga yang mendapatkannya. Sawah tersebut dimaksudkan untuk digunakan menanam padi. selain untuk menanam padi usaha lain dikembangkan di areal persawahan seperti dengan berternak bebek. Hal tersebbut dilakukan untuk memberikan peningkatan ekonomi masyarakat di desa tersebut.

setiap satu hektar sawah di Kongbeng dapat menghasilkan lima sampai denagan enam ton padi kering yang dapat menghasilkan beras sebanyak enam puluh persen dari jumlah padi tersebut. Peningkatan sumberdaya alam memang sedang ditingkatkan di Kutai Timur tidak hanya melalui perkebunan sawit, pertanian padi juga menjadi salah satu program pemerintah. Selain untuk meningkatkan peningkatan masyarakat, pertanian padi juga dimaksudkan untuk mendukung Kutai Timur swasembada padi.

Menurut Kepala Gabungan Kelompok Tani Kongbeng, Itik Ojang yang ditemui dalam pesta panen rabu kemarin (13/7) mengatakan, hasil dalam musim panen untuk luasan satu hektar yang dijual dalam bentuk beras dapat menghasilkan dua puluh lima sampai dengan tiga puluh juta rupiah hasil kotor, untuk hasil bersih masih dikurangi biaya bibit dan lain-lainnya sebesar enam sampai dengan delapan juta rupiah. Untuk hasil rata-rata petani dapat menghasilkan hasil bersih Sembilan belas juta rupiah perkepala keluarga dalam satu kali panen.

Berbagai dukungan memang sudah dilakukan pemerintah Kutai Timur kepada petani, selain pemberian bibit, pemerintah juga melalukukan pendampingan melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K). Peningkatan luasan lahan persawahan juga terus dilakukan, sebanyak enam ratus hektar sudah di cetak di Kongbeng, empat ratus hektar sudah terairi dan tiga ratus lima belas hektar sudah ditanami.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments