Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pilkades Serentak 2016 Tak Libatkan KPU

Pilkades Serentak 2016 Tak Libatkan KPU

(5082 Views) September 26, 2016 5:21 pm | Published by | No comment

e8e1f9c1e91e3a4f34f00df7d4aeee6d

Sangatta. Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kutai Timur yang puncaknya akan dilaksanakan pada 20 Desember 2016 mendatang dipastikan tidak akan melibatkan unsur Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Timur. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutai Timur Erlyan Noor didampingi Plt Kabid Pemerintahan Desa dan Lurah, Muhammad Rusdi. Dijelaskan, berbeda dengan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) pada umumnya, dimana seluruh tahapan pemilu diatur oleh KPU, maka Pilkades serentak nantinya benar-benar terlepas dari unsur KPU Kutim.

Selain karena waktunya yang cukup mendesak sehingga seluruh unsur pelaksana harus berlari mengejar segala persiapan, juga dikarenakan hak superior pilkades sendiri memang berada di tingkat desa. Sehingga segala aturan saat pemilihan mutlak diputuskan oleh panitia pilkades tingkat desa. Ditambahkan Rusdi, kewenangan kabupaten dalam hal ini BPMPD Kutim hanya menyiapkan regulasi secara global, pendanaan dan payung hukumnya saja.

Sementara eksekusi berada di tingkat panitia di masing-masing desa. Berbeda dengan pemilu pada umumnya, setiap calon harus mendaftar di KPU dan KPU juga berhak menggugurkan calon jika tidak sesuai persyaratan, tetapi pilkades kali ini benar-benar sepenuhnya merupakan kewenangan panitia pelaksana di desa dan calon kades hanya mendaftar di panitia desa. Sementara, dengan tidak melibatkan KPU ini tidak akan mempengaruhi pendanaan pelaksanaan Pilkades, nantinya.

(voice : BPMPD Rusdi – Tak Libatkan KPU)

Lebih jauh Rusdi mengatakan, walaupun kewenangan diserahkan ke tingkat desa, namun demi menjaga netralitas nantinya akan ada tahapan ujian yang dilaksanakan oleh panitia kabupaten. Tetapi tempat pelaksanaannya juga belum ditentukan apakah di setiap kecamatan atau dilaksanakan di kabupaten. Sementara panitia tingkat kabupaten merupakan unsur BPMPD Kutim dan kecamatan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments