Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PIN secara serentak di Indonesia bertujuan tercapainya eradikasi polio di dunia pada tahun 2020

PIN secara serentak di Indonesia bertujuan tercapainya eradikasi polio di dunia pada tahun 2020

(539 Views) Maret 8, 2016 10:26 am | Published by | No comment

Sangatta –Indonesia telah berhasil menerima sertifikat bebas polio bersama dengan negara anggota WHO pada bulan Maret 2014, semenatara itu negara kita masih menunggu negara-negara lain yang belum menyatakan Eradikasi Polio. Diharapkan tahun 2020 Indonesia dinyatakan atau dunia dinyatakan bebas Polio seperti kasus penyakit variola pada tahun 1970 dunia sudah dibebaskan variola atau cacar.

Untuk menuju eradikasi polio dunia, Indonesia melakukan beberapa rangkaian kegiatan, antara lain pekan Imunisasi Polio dan juga mengganti vaksin yang trivalen menjadi vaksin divalen. Yang mana pada saat ini masih ditetes, tetapi pada bulan April diupayakan tidak lagi ditetes melainkan disuntikan. Berdasarkan laporan Provinsi dan cakupan Imunisasi Polio telah melebihi 90%, namun masih tidak merata di seluruh Indonesia, sehingga berdasarkan cakupan imunisasi polio ini maka polio 4 adalah 77%. Data dari surveillance Acute Flaccid Paralysis (AFP) pada tahun 2011-2014 menunjukan 20% pada kasus non Polio Acute Flaccid Paralysis (AFP) tidak mendapatkan Imunisasi Polio lengkap. Oleh karena itulah Pemerintah mengabil kebijakan melakukan PIN Polio pada tahun 2016 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur dr. Aisyah dalam laporannya pada saat pencanangan PIN Polio di Puskesmas Sangatta Utara pagi tadi mengatakan kebijakan PIN Polio ini merupakan hasil pertemuan pada tanggal 20 dan 23 Oktober tahun 2014 yang dilaksankan oleh kementrian Kesehatan RI bersama dengan WHO dan Unichef. PIN Polio ini merupakan pemberian Imunisasi tambahan kepada kelompok sasaran Imunisasi untuk mendapatkan Imunusasi Polio tanpa membedakan, memandang status imunisasi, jadi walaupun anak itu sudah lengkap imunisasinya atau baru bulan lalu melakukan imunisasi lengkap tapi PIN ini harus tetap dilakukan Imunisasi.

Lebih jauh dr. Aisyah menjelaskan Tujuan umum untuk tercapainya eradikasi polio di dunia pada tahun 2020, sedang tujuan khusunya yaitu unyuk memastikan tingkat imunitas terhadap polio dipopulasi cukup tinggi dengan cakupan diatas 95%. Memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkabkan oleh virus polio.

Voice (dr. Aisyah)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments