Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pinjam Dana Segar, APBD Kutim Jadi Jaminannya

Pinjam Dana Segar, APBD Kutim Jadi Jaminannya

(485 Views) September 7, 2016 8:36 am | Published by | No comment

Sangatta. Bupati Kutai Timur Ismunandar,  angkat bicara terkait rencana pemerintah Kutim untuk meminjam dana segar di sejumlah lembaga keuangan, baik daerah maupun nasional.

Kepada awak media yang menemuinya, Bupati Ismu mengatakan bahwa untuk mengatasi defisit keuangan terutama untuk menutupi hutang-hutang proyek pemerintah Kutim terhadap kontraktor sebagai pihak ketiga yang telah menyelesaikan pekerjaan, pemerintah Kutim mengambil  langkah untuk mencari talangan dana segar dengan meminjam pada lembaga keuangan. Seperti meminjam dana kepada Bank Kaltim. Hal ini dilakukan karena pemerintah Kutim memiliki saham dalam penyertaan modal usaha pada bank tersebut. Sehingga dianggap sah-sah saja jika pemerintah Kutim kemudian meminta bantuan kepada Bank Kaltim untuk meminjamkan sejumlah dana segar. Terkait nilainya, Ismu masih enggan menyebutkan. Namun tentu tidak terlalu besar dan hanya cukup untuk membayar hutang-hutang yang ada.

Terkait rencana pemerintah Kutim untuk meminjam pada lembaga pembiayaan Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bupati Ismu mengatakan bahwa pinjaman kepada SMI diperuntukkan bagi penguatan pembiayaan pembangunan infrastruktur pada tahun anggaran 2017, mendatang. Jika dalam rencana pembangunan infrastruktur Kutim nantinya ternyata anggaran yang ada tidak cukup dan dalam hitung-hitungan SMI dapat membiayai, maka pinjaman dapat dikucurkan. Sementara terkait besaranya, Ismu mengakui jika pagu yang diberikan dalam kisaran Rp 300 miliar dengan perhitungan bunga 7,5 persen per tahun. Sedangkan yang akan menjadi agunannya tidak jauh berbeda dengan pihak Bank Kaltim, yakni APBD Kutim.

(Voice : Bupati Ismu – Agunkan APBD Kutim)

Lebih jauh Bupati Ismunandar mengatakan bahwa, saat ini pemerintah Kutim tengah mengurus rekomendasi dari Menteri Keuangan sebagai persyaratan peminjaman dana segar ini. Rekomendasi ini diberikan terkait penilaian Kementrian Keuangan terhadap kemampuan daerah dalam membayarkan angsuran pinjaman, ke depannya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments