Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PKB Sumbang PAD Rp 728 juta

PKB Sumbang PAD Rp 728 juta

(563 Views) Maret 1, 2016 12:53 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan rangkian kegiatan menguji dan memeriksa bagian-bagian Kendaraan, sebagai pemenuhan persyaratan teknis layak jalan. PKB ternyata juga barhasil menjadi satu potensi pendapatan asli daerah dari retribusi. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishub Kominfo) Johansyah Ibrahim mengatakan, penerimaan retribusi PKB ditahun 2014 mencapai Rp 598 juta. “Penerimaan retribusi PKB tahun 2015 meningkat menjadi Rp 728 juta,” kata Johansyah yang mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).

Dijelaskan olehnya, retribusi ratusan juta rupiah tersebut didapat dari pengujian sebanyak 5.871 kendaraan. Johan, sapaan akrab Johansyah Ibrahim mengakui bahwa peningkatan pendapatan dari retribusi tersebut merupakan progress positif untuk SKPD yang dipimpinnya. Dia berharap capaian tersebut dapat terus lebih meningkat dimasa datang. Selain itu pihaknya juga teus meningkatkan jalinan kerjasama yang baik antara lembaga seperti Kepolisian dan perusahaan. Untuk meningkatkan pengawasan standar pengoperasian kendaraan bermotor. Sementara itu Kepala UPTD PKB Abdul Muis mengatakan sangat banyak mamfaat dari pemeriksaan kelayakan kendaraan. Diantaranya memberikan kepastian bahwa kendaraan bermotor yang dioperasikan dijalan telah memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan serta tidak mencemari lingkungan. “Serta mengendalikan emisi gas buang kendaraan bermotor,” ungkap Abdul Muis.

PKB meliputi kegiatan pemeriksaan dan pengujian fisik kendaraan bermotor guna pengesahan hasil uji. Di tahun 2016 ini, UPTD PKB akan melakukan trobosan pola jemput bola, khusus PKB ke beberapa kecamatan yang kesulitan menjangkau kabupaten. Menggunakan mobil PKB keliling. Dengan begitu akan sangat membantu dan mempermudah pelayanan ke masyarakat. Terutama yang kendaraannya perlu melakukan PKB di wilayah kecamatan. “Tahun ini akan kami agendakan kunjungan untuk menjemput bola keseluruh kecamatan. Minimal dua kali dalam setahun, tentunya ini akan memberikan dampak terhadap penerimaan retribusi kepada daerah,” jelas Muis.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments