Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Plt Bupati Kunjungi Sheep Loader PT KPC

Plt Bupati Kunjungi Sheep Loader PT KPC

(9234 Views) Mei 19, 2015 8:33 am | Published by | No comment

SANGATTA – Pelaksana Tugas Bupati Kutai Timur (Plt Bupati Kutim) Ardiansyah Sulaiman awal pekan ini meluangkan waktu untuk melakukan kunjungan kerja ke Sheep Loader di area Coal Terminal PT KPC. Ardiansyah sengaja melakukan kunjungan kerja tersebut untuk melihat secara langsung dari dekat bagaimana proses pengapalan batubara yang ditambang dari perut bumi Kutim.

Sebelum ke lokasi utama, Ardiansyah didampingi Kabag Humas Muchtar serta beberapa staf lainnya terlebih dahulu mendapatkan penjelasan singkat mengenai sistem keselamatan kerja selama berada di lokasi di Ruang Coffee Shop, Tanjung Bara, Sangatta. Setelah itu ,rombongan diajak langsung ke master control (menara pengawas) guna melihat bagaimana proses batubara yang berasal dari Coal Processing Plant (CPP) untuk selanjutnya diangkut menuju Coal Terminal Tanjung Bara melalui belt conveyor sepanjang kurang lebih 13 kilometer (km).

kpc2Di lokasi ini semua aktivitas pengapalan dan kapal yang datang bisa dimonitor dengan baik, termasuk seluruh kapal yang melintasi selat Makassar berbobot diatas 500 tonase. Semua bisa terpantau oleh menara pengawas dengan menggunakan sistem satelit. “Teknologi ini adalah yang pertama di Kalimantan Timur.Dengan teknologi ini kita dapat mengetahui kapal mana yang memiliki izin resmi dan yang illegal sesuai dengan lisensi dari Internasional Marine Organization (IMO)”, jelas Chief Operating Officer (COO) PT KPC Rudy Muhammad kepada Plt Bupati dan rombongan. Selanjutnya dari menara pengawas rombongan diantar menuju lokasi Sheep Loader.

kpc5Di sepanjang perjalanan menuju lokasi ini, rombongan menyaksikan tumpukan batubara yang siap untuk diekspor baik untuk kebutuhan domestik maupun ke mancanegara. Sheep loader ini mampu mengangkut batubara 4000 ton per jam. Rombongan juga diajak menaiki striggla, kapal asal Filipina yang sedang berlabuh mengisi batubara. Kapal berkapasitas 75.000 ton dan akan berlayar menuju Hongkong, Korea Selatan selanjutnya ke Vancouver, Canada. Kapal ini dinakodai 21 awak dengan seorang kapten berkebangsaan Yunani.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Plt Bupati Kunjungi Sheep Loader PT KPC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.