Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PLTU Mulut Tambang Bisa Menjadi Solusi Pemenuhan Listrik Masyarakat Kutai Timur

PLTU Mulut Tambang Bisa Menjadi Solusi Pemenuhan Listrik Masyarakat Kutai Timur

(835 Views) Agustus 26, 2016 11:02 am | Published by | 9 Comments

Sangatta. Sebagai daerah yang kaya potensi sumber daya alam, maka wajar jika potensi ini dimanfaatkan sebagian besar untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kutai Timur. Salah satunya potensi mineral batu bara yang ada di perut bumi Kutai Timur, yang jika dimanfaatkan semaksimal mungkin tentunya mampu mengurai benang khusus krisis listrik yang ada di Kutai Timur.

Menurut Plt Kepala Dinas Pertambangan dan energi (Distamben) Kutai Timur Aji Wijaya Effendi, jika Kutai Timur benar-benar ingin mengatasi pemenuhan listrik masyarakat hingga ke pelosok daerah, saat ini yang sangat mungkin adalah bagaimana pemerintah mengelola potensi batu bara yanga ada menjadi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) mulut tambang batu bara. Terlebih Kutai Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi kandungan mineral batu bara luar biasa banyak dan menjadi salah satu pamasok batu bara dunia.

Lanjut Aji, jika dibandingkan dengan pomed sebagai produk olahan dari limbah sawit yang juga mampu diolah menjadi sumber tenaga listrik, pemanfaatan mulut tambang sebagai sumber listrik melalui uapnya tentu lebih menjanjikan. Salah satu daerah yang mampu dioptimalkan potensi batu baranya adalah Kecamatan Muara Wahau, yang masih memiliki cadangan 60 miliar mertik ton batu bara. Sementara sudah ada rencana oleh salah satu investor yang berminat untuk mengelola pembangkit listrik dengan daya 2 kali 100 mega watt dengan menggunakan uap mulut tambang di kecamatan Muara Wahau, tersebut.

Jika kalkulasikan, dalam setahun hanya membutuhkan 1 juta metrik batu bara dari cadangan yang ada untuk memaksimalkan PLTU mulut tambang berdaya 2 kali 100 mega watt tersebut. Potensi listrik tersebut tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Kutai Timur secara keseluruhan, tetapi mampu menyuplai kebutuhan listik bagi masyarakat di Kalimantan Utara. Namun Aji mengatakan kesemuanya terkembali kepada Bupati Kutai Timur yang memiliki kebijakan penuh dalam pengambilan keputusan.

(Voice : Pertambangan Aji – Potensi PLTU Mulut Tambang)

Lebih jauh, Aji Wijaya mengatakan bahwa sudah saatnya Kutai Timur benar-benar memaksimalkan potensi alam yang ada untuk pemenuhan kebutuhan dalam daerah sendiri. Bahkan salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di dunia yang ada di Kutim yakni PT Kaltim Prima Coal (KPC) juga telah mempersiapkan pemanfaatan bata bara sebagai komoditi jualan energi listrik jika nantinya batubara sudah tidak terlalu diminati dunia.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

9 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments